Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenal DHCP Server: Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal DHCP Server: Fungsi dan Cara Kerjanya Kredit Foto: Booking.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memahami DHCP dan cara kerjanya adalah salah satu hal yang sangat penting ketika kamu terjun ke dunia IT, khususnya konsentrasi jaringan. Pasalnya, ini menjadi dasar yang harus diketahui sebelum kamu menyelami lebih jauh tentang server, VPS. dan lain-lainnya.

Baca Juga: Komisi I DPR RI: "Mari Sama-sama Promosikan Budaya Indonesia Melalui Digital"

Meskipun terdengar sulit, memahami DHCP bukanlah sesuatu yang terlalu rumit. Terutama jika kamu sudah memiliki beberapa pengetahuan dasar tentang jaringan. Untuk memperjelas tentang apa itu DHCP dan cara kerjanya, mari kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Tentang DHCP 

Dimulai dari mempelajari tentang apa itu DHCP. DHCP merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. Artinya sebuah protokol yang digunakan untuk mempermudah penyebaran IP (internet protocol) ke perangkat komputer lain secara otomatis.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Arrow, Pebisnis Komponen Elektronik dan Komputer Terbesar

DHCP mempermudah penyebaran IP karena tanpa menggunakan DHCP, maka konfigurasi harus dilakukan secara manual satu per satu di setiap perangkat agar mendapatkan IP yang berbeda. Ini akan sangat merepotkan terutama jika menangani sistem yang besar.

Fungsi DHCP

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi DHCP adalah untuk mengotomatisasi penyebaran IP ke semua perangkat untuk mendapatkan internet protocol yang berbeda dengan lebih cepat.

Tapi lebih dari itu, DHCP juga berfungsi untuk melakukan alokasi data melalui sistem terdistribusi yang menyangkut IP address tersebut sehingga dapat diterima dengan baik saat dilakukan otomatisasi melalui DHCP server.

Secara garis besar, fungsi DHCP ini adalah untuk mempermudah pengelolaan komputer serta pengelolaan IP address yang digunakan. Kinerja komputer client pun juga bisa dipercepat jika dibandingkan ketika kamu tidak menggunakan protokol DHCP ini.

Halaman:

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan