Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei Terbaru, Siapa Sangka Jenderal Dudung Abdurachman Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024

Hasil Survei Terbaru, Siapa Sangka Jenderal Dudung Abdurachman Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024 Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei jajak pendapat masyarakat bertema 'Potret Suara Masyarakat Jelang Pemilu 2024', Senin (30/5/2022).

Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel mengatakan dari tokoh dengan latar belakang militer sosok Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD), Jendral Dudung Abdurachman memiliki tingkat elektabilitas tertinggi jika Pilpres 2024 dilaksanakan hari ini.

Dalam hasil simulasi survei IDM sosok Capres dari latar belakang TNI dan Polri memiliki hasil sebagai berikut: Dudung Abdurachman (20,3 persen), Prabowo Subianto (15,2 persen), Gatot Nurmantyo (12,2 persen), Budi Gunawan (9,1 persen), Andika Perkasa (8,2 persen), Moeldoko (4,4 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4,2 persen), Tito Karnavian (2,2 persen), dan responden yang tidak menjawab sebanyak 24,2 persen.

Baca Juga: Diungkap Pengamat! PDIP Bisa Menang Telak di Pilpres 2024 Jika...

"Jenderal Dudung Abdurachman bisa jadi kuda hitam di Pilpres 2024 nanti. Apalagi Dudung punya kans besar untuk menjadi Panglima TNI, artinya masih punya waktu yang panjang di jajaran TNI beda dengan tokoh lainnya yang sudah pensiun dan akan pensiun," ujar Fahmi Hafel.

Sementara hasil survei untuk tokoh tokoh sipil Ketua Umum Partai Golkar menempati urutan pertama jika Pilpres 2024 digelar hari ini.

Hasil survei IDM untuk tokoh sipil yakni Airlangga Hartarto (27,9 persen), Ganjar Pranowo (12,2 persen), Puan Maharani (8,4 persen), Khofifah Indar Parawansa (7,4 persen), Anies Baswedan (6,4 persen), La Nyalla Mattalitti (3,8 persen), Muhaimin Iskandar (3,2 persen), Sandiaga Uno (2,1 persen), Erick Thohir (1,2 persen), dan responden yang tidak menjawab sebesar 27,4 persen.

Upaya yang dilakukan sosok Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional dengan pertumbuhan ekonomi 5,1 persen dari hasil survei IDM diapresiasi dengan kepuasan responden di tingkat 87,9 persen.

Baca Juga: Ada Sponsor Bir di Formula E, Guntur Romli: Anies Mainkan Isu Agama, Kini Senjata Sedang Berbalik

"Dari hasil survei tersebut bisa dikatakan Airlangga merupakan tokoh sipil yang paling siap maju. Apalagi ia memiliki mesin politik Partai Golkar yang sudah menetapkan dirinya sebagai Capres. Di mana Partai Golkar saat ini berkoalisi dengan PAN dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu sehingga bisa mengusung pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024," jelas Fahmi Hafel.

Sedangkan untuk sosok sipil lainnya seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dikatakan Hafel berpotensi untuk menciptakan polarisasi di tengah masyarakat dengan kubu buzzer-nya masing-masing.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan