Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menpora Targetkan Panjat Tebing Raih Emas Olimpiade Paris 2024

Menpora Targetkan Panjat Tebing Raih Emas Olimpiade Paris 2024 Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yakin cabang olahraga panjat tebing dapat menghasilkan satu medali emas dalam Olimpiade Paris 2024 karena Indonesia memiliki atlet-atlet berstatus juara dunia.

“Panjat tebing salah satu cabang unggulan yang ada di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Kita berharap satu medali emas minimal dari panjat tebing, karena kita punya juara dunianya,” Kata Amali di Jakarta, kemarin.

Demi menjaga prestasi tim panjat tebing, Menpora mengatakan pemerintah siap mendukung dan memfasilitasi para atlet dalam pemusatan latihan nasional jangka panjang sebagai persiapan menatap Olimpiade Paris 2024 .

“Mereka kita akan TC (training center) jangka panjang. Kami serius mempersiapkan mereka karena mereka sudah menjadi aset nasional aset bangsa dan tentu sudah menjadi juara dunia," katanya.

Indonesia memiliki dua atlet yang kerap menjadi andalan dalam berbagai kejuaraan internasional. Mereka adalah Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin, yang dalam satu tahun terakhir konsisten menunjukkan prestasi dalam Piala Dunia.

Veddriq bahkan menyandang status juara dunia panjat tebing disiplin speed putra pada 2021, diikuti Katibin yang finis sebagai runner-up.

Baca Juga: Liverpool Perpanjang Kontrak James Milner Setahun

Keduanya kini menempati peringkat satu dan dua dunia disiplin speed putra Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) . Mereka bergantian meraih gelar juara serta memecahkan rekor pada dua seri Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul dan Amerika Serikat Mei lalu.

Baca Juga: Meski di-Endorse Jokowi, Ganjar Merendah dan Ngaku Nggak Punya Prestasi, Pengamat: Memang Benar Adanya, jadi Gubernur yang Terburuk

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: