Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

MenKopUKM Apresiasi Pujakesuma Bantu 1.000 UMKM Dapatkan NIB

MenKopUKM Apresiasi Pujakesuma Bantu 1.000 UMKM Dapatkan NIB Kredit Foto: KemenkopUKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh organisasi masyarakat Pujakesuma yang membantu 1.000 UMKM untuk mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) yang akan memfasilitasi para pelaku UMKM yang masih termasuk dalam usaha informal masuk ke dalam usaha formal.

"Dengan mendapat NIB, status pelaku UMKM ini akan sama dengan perusahaan. Sehingga bisa bekerja sama dengan perusahaan lain, bisa dapat izin edar, pembiayaan, dan sertifikasi halal," kata MenKopUKM Teten Masduki dalam acara Fasilitasi Penerbitan 1.000 NIB UMKM Binaan Pujakesuma di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: MenKopUKM Ajak Petani Sawit Serdang Berdagai Berkoperasi Bangun Pabrik Minyak Makan Merah

Dia mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) ingin segera memfasilitasi UMKM yang berstatus informal menjadi usaha formal dan ia menargetkan sebanyak 2,5 juta NIB bisa diterbitkan per tahunnya. Untuk itu diperlukan terobosan bersama baik itu dari pemerintah maupun swasta, salah satunya dengan memfasilitasi pembuatan NIB yang saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui OSS (Online Single Submission).

"Perlu terobosan [untuk mewujudkan target ini], tidak hanya pemerintah tapi juga swasta. Kita percepat ini karena bisa dilakukan secara mudah lewat online. Mari kita perkuat ekonomi rakyat berbasis UMKM dan koperasi," kata Menteri Teten.

Baca Juga: Gelar Rakortas Penanganan Koperasi Bermasalah, Teten Masduki Tekankan Dua Solusi

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP Pujakesuma Eko Sopianto berharap dengan fasilitasi tersebut para pelaku UMKM dapat berkembang dan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

"Saya berterima kasih atas kehadiran pak Menteri Teten di acara ini. Semoga dengan memfasilitasi 1.000 NIB ini, para pelaku UMKM makin bergairah ke depannya," ujar Eko.

Kawal Pabrik Minyak Makan Merah

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan