Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik! Mendag Lutfi Umumkan Keran Ekspor Sabun Asal Indonesia Kembali Dibuka

Kabar Baik! Mendag Lutfi Umumkan Keran Ekspor Sabun Asal Indonesia Kembali Dibuka Kredit Foto: Martyasari Rizky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengumumkan bahwa saat ini salah satu produk sabun Indonesia siap kembali menggeliat melalui keran ekspor ke Madagaskar setelah sebelumnya mengalami hambatan.

Sebelumnya, hambatan tersebut terjadi karena Pemerintah Madagaskar melakukan penyelidikan pengamanan (safeguard) untuk produk sabun Indonesia. Hambatan tersebut menunda jalannya ekspor sabun ke Madagaskar kurang lebih satu tahun akibat dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Perbaikan Ekonomi Tanah Air Menguat, Ditopang Permintaan dan Ekspor

Keputusan dibukanya kembali keran ekspor sabun ke Madagaskar tersebut tertuang dalam sirkulasi notifikasi yang dirilis oleh situs web Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada 3 Mei 2022 lalu.

"Berita baik ini diyakini dapat menjadi dorongan bagi produsen sabun Indonesia untuk kembali menggeliat di pasar Madagaskar setelah terancam dikenakan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP)," kata Lutfi, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: LPEI Gandeng Disperindag Jawa Barat Dorong UMKM jadi Eksportir

Menurutnya, produk sabun Indonesia yang diekspor ke Madagaskar memiliki potensi mengganggu kinerja industri serupa karena memiliki kualitas kompetitif dengan jangkauan yang luas di Madagaskar. Kendati demikian, kata Lutfi, keputusan pembebasan BMTP menjadi angin segar bagi para eksportir Indonesia untuk melebarkan sayap di pasar Madagaskar.

"Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi eksportir Indonesia untuk menjadi lebih bersaing di pasar Madagaskar, terutama sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19 ini," ungkap Lutfi.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan