Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pendidikan STIP Jakarta Terus Bertransformasi Mengikuti Pola dan Tatanan Baru

Pendidikan STIP Jakarta Terus Bertransformasi Mengikuti Pola dan Tatanan Baru Kredit Foto: STIP Jakarta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sistem pendidikan vokasi di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta siap bertransformasi mengikuti pola dan tatanan baru dengan strong confident. Hal ini dilakukan guna menghadapi perubahan berbagai aspek kehidupan yang makin cepat.

Ketua STIP, Capt. Sudiono, mengatakan, sesuai arahan dari Menteri Perhubungan, lembaga pendidikan transportasi harus siap di garis terdepan dalam mencetak SDM transportasi yang unggul, kompeten, dan kompetitif di masa depan. Untuk itu, STIP Jakarta yang merupakan kampus di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan terus berupaya memenuhi peraturan standar dan mengacu pada kajian ilmiah dan teori-teori yang ada.

Baca Juga: Lokasi Makam Eril Akan Jadi Pusat Pendidikan, Ridwan Kamil: Sudah Aku Siapkan Tempat Istimewa

"Di sisi lain, STIP Jakarta selalu peka dan jeli terhadap pengaruh lingkungan strategis terkait di tingkat nasional regional dan internasional. Transformasi pendidikan vokasi BPSDMP juga harus dilakukan dalam hal pemenuhan regulasi dan standar nasional serta internasional, berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020, yaitu standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/6/2022).

Capt. Sudiono juga menjelaskan, transformasi harus dilakukan pihak STIP Jakarta mulai dari jajaran manajemen sampai dengan staf sehingga akan terwujud sistem pendidikan vokasi yang modern, berkelas dunia dengan lulusan yang unggul dan berdaya saing di pasar global.

"Untuk transformasi pendidikan vokasi juga harus kita lakukan dalam hal pemenuhan regulasi dan standar nasional serta internasional. Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020, yaitu standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat, kampus BPSDMP mempunyai ciri khas, yaitu pembangunan karakter bagi para taruna," katanya.

Industri 4.0

Capt Sudiono juga menjelaskan bahwa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, perguruan tinggi di bawah pengelolaan Kemenhub ini dituntut untuk mengubah pola pikir, pola kegiatan. Dari yang awalnya dilakukan secara luring, lalu dilakukan blended learning dan hingga saat ini mulai diperkenalkan dengan metaverse.

"Untuk itu, STIP Jakarta melakukan langkah-langkah konkret dalam mengembangkan sumber daya manusia, hingga diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang ber-PRESTASI: Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas," katanya.

Capt Sudiono juga menjelaskan bahwa pihaknya bersyukur karena selama ini STIP Jakarta telah mengantarkan banyak pelaut Indonesia yang profesional, andal, berdaya saing tinggi, dan mampu mengarungi lautan dunia.

"Keberhasilan menyelenggarakan S2 vokasi merupakan salah satu bentuk keberhasilan tersebut. Hal ini merupakan bukti kerja keras dan komitmen Kemenhub melalui BPSDMP untuk meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing," tutupnya.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan