Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jangan Sampai Salah! Guys, Ini Deretan Tips Pilih Bengkel Ganti Oli Mobil

Jangan Sampai Salah! Guys, Ini Deretan Tips Pilih Bengkel Ganti Oli Mobil Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bengkel ganti oli mobil pastinya sangat penting dan akan sangat membantu proses ganti oli mobil. Karena itu pastikan Anda selalu menggunakan bengkel yang terbaik dan dapat dipercaya. Apalagi jika Anda tidak dapat mengganti oli mobil sendiri.

Oli berfungsi untuk melumasi, melindungi dan mendinginkan komponen mesin ketika kendaraan sedang digunakan. Tanpa oli, komponen mesin akan saling bergesekan secara kasar dan mengakibatkan mesin aus kemudian rusak. Jadi oli tidak dapat diremehkan keberadaannya.

Baca Juga: Penuhi Permintaan Pembiayaan Mobil, KB Finansia Multi Finance Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Berikut, tips memilih bengkel ganti oli mobil, seperti dirangkum Rabu (15/6/2022).

Mengganti oli harus dilakukan secara rutin sesuai dengan buku pedoman manual mobil. Selain itu waktu penggantian oli juga dapat didasarkan pada jarak tempuh, maupun waktu yang telah dilewati. Mengganti oli juga penting dilakukan untuk mendorong kinerja mesin agar menjadi lebih baik dan awet. Jika oli mobil tidak diganti, maka mesin mobil akan mengalami kerusakan.

Baca Juga: Jokowi Menargetkan Ekspor Otomotif Indonesia ke Australia Terbuka Luas

Oli yang digunakan pada mobil juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya banyak tersedia oli mobil yang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Contohnya adalah tingkat kekentalannya. Mobil Anda juga pastinya memiliki spesifikasi oli tersendiri, karena itu pastikan Anda menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Dalam proses penggantian oli juga dapat Anda lakukan sendiri jika Anda bisa melakukannya dengan benar dan memiliki peralatan yang dibutuhkan. Namun jika Anda ragu atau bahkan tidak bisa mengganti oli sendiri maka sebaiknya Anda pergi ke bengkel ganti oli mobil. Anda jangan mencoba-coba mengganti oli sendiri agar tidak menimbulkan risiko kerusakan.

Bengkel yang dapat Anda gunakan juga banyak tersedia, akan tetapi belum tentu semuanya memiliki kualitas yang bagus. Karena itu Anda harus pandai-pandai memilih bengkel. Nah, berikut ini adalah tips memilih bengkel mobil yang bagus untuk ganti oli yang dapat Anda terapkan:

1. Memiliki Nama dan Reputasi yang Baik

Tips pertama adalah Anda dapat memilih bengkel ganti oli mobil yang telah memiliki nama yang besar dan reputasi yang baik. Bengkel yang seperti ini pastinya juga telah beroperasi selama bertahun-tahun dan telah berpengalaman. Akibatnya pun bengkel ini memiliki pelanggan yang ramai dan dapat dipercaya kualitasnya.

2. Cari Informasi Lebih Banyak

Nama yang besar sebenarnya juga bukan menjadi patokan akan kualitas bengkel. Karena itu Anda dapat mencari tahu lebih banyak tentang bengkel tersebut melalui orang lain. Anda juga dapat menanyakannya pendapat dari keluarga, teman ataupun orang yang menggunakan jasa bengkel tersebut. Apakah hasil pelayanan yang diberikan bagus atau tidak dan direkomendasikan atau tidak.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan