Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Qatar Airways Berhasil Cetak Rekor Laba USD 1,54 Miliar

Qatar Airways Berhasil Cetak Rekor Laba USD 1,54 Miliar Kredit Foto: Qatar Airways
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kinerja keuangan yang mencapai 200 persen di atas laba historis tahunan tertinggi menjadi kado ulang tahun ke-25 bagi Qatar Airways Group. Hal itu dicapai maskapai ini ketika industri penerbangan dihantam pandemi Covid-19.

Tak berhenti disana, keuntungan itu menjadikan Qatar Airways Group mencetak rekor dibanding maskapai lain yang telah mempublikasikan hasil keuangan untuk tahun fiskal yang sama di seluruh dunia.

Baca Juga: Makin Strategis Di Tengah Climate Change, Gobel Ajak Qatar Investasi Pertanian Di Indonesia

Laba bersih yang dicetak Qatar Airways Group mencapai QAR 5,6 miliar (USD 1,54 miliar) selama tahun fiskal 2021/22. Keseluruhan pendapatan itu merangkak naik 78 persen dibandingkan tahun lalu, dengan angka QAR 52,3 miliar (USD 14,4 miliar).

Qatar Airways sendiri mengangkut 18,5 juta penumpang, meningkat 218 persen dibandingkan tahun lalu. Sedangkan Qatar Airways Cargo mengalami pertumbuhan sebesar 25 persen dibandingkan tahun lalu dengan pertumbuhan kapasitas kargo (Kilometer Ton Tersedia) sebesar 25 persen per tahun. 

Grup ini menghasilkan EBITDA Margin yang kuat, sebesar 34 persen pada QAR 17,7 miliar (USD 4,9 miliar). Itu artinya lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar QAR 11,8 miliar (USD 3,2 miliar), karena strategi pengendalian harga yang lebih efisien.

Pada 2021/22 sendiri, 140 tujuan telah dikembangkan maskapai nasional Qatar ini. Rute yang dimaksud mencakup rute baru Abidjan, Pantai Gading; Lusaka, Zambia; Harare, Zimbabwe; Almaty, Kazakhstan dan Kano serta Port Harcourt, Nigeria selain melanjutkan penerbangan ke pasar-pasar utama di seluruh Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

"Qatar Airways telah menunjukkan peran yang kuat dalam industri penerbangan, dan hasil keuangan ini adalah indikasi yang jelas dari kinerja Grup yang kuat. Terhadap tantangan selama periode sebelumnya, saya senang dengan pencapaian yang telah dicapai tahun ini dan dengan cara Grup menangani tantangan ini dengan cepat," Ujar Menteri Energi dan Ketua Grup Qatar Airways, Tuan Saad Bin Sharida Al-Kaabi.

Baca Juga: FIFA Tetapkan 36 Wasit dan 69 Asisten Bertugas di Piala Dunia Qatar

Penulis: Adrial Akbar
Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan