Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Michelin, Produsen Ban Terbesar di Dunia Milik Keluarga Konglomerat

Kisah Perusahaan Raksasa: Michelin, Produsen Ban Terbesar di Dunia Milik Keluarga Konglomerat Kredit Foto: Reuters/Gonzalo Fuentes
Warta Ekonomi, Jakarta -

Compagnie Generale des Etablissements Michelin atau umum dikenal sebagai Michelin adalah perusahaan ban terbesar di dunia, dan salah satu produsen roda mobil terbesar. Ini adalah produsen ban terbesar kedua di dunia di belakang Bridgestone dan lebih besar dari Goodyear dan Continental.

Michelin mengumpulkan 27 miliar dolar AS untuk pendapatannya dalam Fortune Global 500 tahun 2020. Pendapatannya naik dari 3,9 persen dari tahun 2019, sehingga peringkatnya dalam daftar perusahaan raksasa itu di nomor 472 dunia.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Koc Holding, Konglomerat Berbagai Bisnis Milik Keluarga Terkaya di Turki

Masih dikendalikan oleh keluarga pendiri Michelin dari kantor pusat Prancis, ini adalah operasi internasional dengan outlet di 170 negara. Perusahaan ini memiliki sekitar 80 pabrik yang berlokasi di 19 negara di empat benua; Perkebunan karet di Brazil dan Nigeria menyediakan sebagian kebutuhan bahan baku perusahaan.

Dikutip laman Reference for Business, Sebagai perusahaan ban, Michelin dimulai pada tahun 1880-an, ketika saudara Michelin yang asli, Andre dan Edouard, mengambil alih bisnis produk karet yang dibuat oleh kakek mereka, Aristide Barbier, dan sepupunya, Edouard Daubree. Tempat firma ini berada di Clermont-Ferrand, di Auvergne.

Didirikan pada tahun 1830 untuk memproduksi gula, perusahaan Daubree-Barbier telah melakukan diversifikasi ke karet beberapa tahun kemudian atas dorongan istri Skotlandia Daubree, Elizabeth.

Sebagai seorang anak, Elizabeth telah bermain dengan bola karet yang dibuat oleh pamannya, Charles Macintosh, seorang penemu yang mempelopori penggunaan karet dalam pakaian tahan air, dan memberi namanya pada jas hujan karet.

Sebuah bengkel karet dibuka di Clermont-Ferrand, dan segera membuat tidak hanya bola-bola ini, tetapi juga produk karet lainnya, termasuk selang dan sabuk penggerak.

Michelin didirikan pada tanggal 28 Mei 1889. Pada tahun 1891 Michelin mengeluarkan paten pertamanya untuk ban pneumatik yang dapat dilepas yang digunakan oleh Charles Terront untuk memenangkan balapan sepeda jarak jauh pertama di dunia, Paris–Brest–Paris 1891.

Pada 1920-an dan 1930-an, Michelin mengoperasikan perkebunan karet besar di Vietnam. Kondisi di perkebunan ini menyebabkan gerakan buruh terkenal Phu Rieng Do.

1934, Michelin memperkenalkan ban yang, jika ditusuk, akan berjalan di atas lapisan busa khusus, desain yang sekarang dikenal sebagai ban run-flat (tipe mandiri).

Michelin mengembangkan dan mematenkan inovasi utama dalam sejarah ban, ban radial 1946, dan berhasil memanfaatkan inovasi teknologi ini untuk menjadi salah satu produsen ban terkemuka di dunia. Radial awalnya dipasarkan sebagai ban "X". Ini dikembangkan dengan mempertimbangkan Citroen Traction Avant dan Citroen 2CV penggerak roda depan.

Halaman:

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan