Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahun Ini, Pencapaian PPS Kanwil DJP Sumut I Peroleh Rp1,6 Triliun

Tahun Ini, Pencapaian PPS Kanwil DJP Sumut I Peroleh Rp1,6 Triliun Kredit Foto: Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
Warta Ekonomi, Medan -

Tahun ini, pencapaian dari Program Pengungkapan Sukarela (PPS) Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I peroleh Rp1,6 triliun dengan wajib pajak yang ikut sekitar 7.000 dari imbauan kepada wajib pajak sekitar 9.800 wajib pajak.

Kakanwil DJP Sumut I, Eddy Wahyudi, mengaku sangat bersyukur penerimaan pajak tahun 2022 ini tumbuh signifikan, naik 13 persen dari tahun sebelumnya. Alhasil, DJP Sumut I meraih penghargaan peringkat I untuk penerima pajak.

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Menggunakan Aplikasi Kelola Pajak untuk Bayar Pajak

"Pencapaian DJP Sumut I dalam peningkatan penerima pajak tak terlepas dari kesadaran masyarakat wajib pajak dan terlebih peran media yang terus mensiarkan kewajiban melaporkan pajaknya. Untuk itu, Eddy mengajak rekan-rekan media dan masyarakat untuk menjaga keuangan negara," katanya, Rabu (22/6/2022).

Eddy mengajak untuk selalu menjaga keuangan negara dari hasil penerimaan pajak tersebut, dan meminta masukan kinerja DJP Sumut I terkait layanan pajak baik di dalam maupun yang dilakukan petugas Kanwil DJP di lapangan.

"Karena mengelola keuangan pajak ini tidak bisa dikerjakan sendiri, bagaimana menyalurkannya itu teman-teman media sangat perlu mengawasinya agar bagaimana kita bisa menjaga itu," katanya.

Sebelumnya, Kanwil DJP Sumut I memaparkan, di tengah terpaan pandemi Covid-19, masyarakat mulai terbiasa berdampingan dengan Covid-19 dan sejenisnya sehingga ekonomi berangsur-angsur mulai pulih.

"Khususnya di Sumut, peningkatan ekonominya mencapai 3,9 meski secara nasional berada di 5,1 persen. Hal ini dapat di sikapi pemerintah jauh lebih baik ketimbang krisis di tahun 1998 dan 2008," ujarnya.

Eddy optimis tahun ini Sumut I capai 100 persen. "Alhamdulillah kita bisa melakukan itu di tahun ini. Ke depan mudah-mudahan upaya Kanwil DJP Sumut I bisa mempertahankannya, tetapi kita belum tahu gimana geopolitik, dan harga komoditas nantinya semoga terus tetap tumbuh dengan baik," pungkasnya.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan