Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antisipasi Ancaman Terorisme, Peran Aktif Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Antisipasi Ancaman Terorisme, Peran Aktif Masyarakat Perlu Ditingkatkan Kredit Foto: Abriawan Abhe
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wali Kota CirebonNashrudin Azis menyatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon perlu mengembangkan program masyarakat sebagai informan sebagai upaya antisipasi dan penanggulangan terorisme.

Pernyataan itu disampaikan Azis saat menghadiri kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personil TNI/Polri dan instansi terkait dalam rangka mendukung penanggulangan terorisme di wilayah Cirebon, kemarin.

Azis meminta perangkat daerah terkait, seperti Kesbangpol, untuk membangun sebuah jaringan agar masyarakat menjadi intelijen pemerintah. Dengan demikian masyarakat bisa memberi informasi kepada pemerintah apabila ada hal yang dicurigai dan perlu ditangani.

“Karena semua persoalan ada di lingkungan masyarakat. Jadi, perlu peran aktif masyarakat. Misalnya menjadi sumber informasi untuk pemerintah, khususnya terkait penanggulangan terorisme,” jelasnya.

Namun sebagai langkah awal, kata Azis, pemerintah perlu memberi kepercayaan kepada masyarakat dan begitupun sebaliknya. “Itu langkah awal, Kesbangpol bisa koordinasi dengan camat, lurah hingga RT/RW,” ujarnya.

Baca Juga: BNPT Sebut Wilayah Cirebon Rawan Terorisme

Selain itu, tambah Azis, pelayanan kepada masyarakat juga perlu ditingkatkan, agar masyarakat semakin memiliki tanggung jawab atas keamanan, kenyamanan dan kerukunan di lingkungannya. 

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan