Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemberdayaan Lansia Indonesia: Grand Parenting Baik untuk Menanggulangi Stunting

Pemberdayaan Lansia Indonesia: Grand Parenting Baik untuk Menanggulangi Stunting Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bedasarkan data yang diperoleh dari Sensus Penduduk 2020, jumlah lansia di Indonesia tercatat sebanyak 277 juta jiwa. Dari data tersebut, terdapat peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 237 juta jiwa.

Data tersebut juga menunjukkan peningkatan penduduk lanjut usia di Indonesia pada tahun 2021 sebanyak 29,3 juta jiwa atau setara dengan 10,82 persen. 

Baca Juga: BKKBN Tunjuk Duta Keluarga Berencana 2022, Begini Manuver Awal dan Profilnya

Menanggapi meningkatnya jumlah penduduk lansia di Indonesia, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nopian Andusti mengatakan bahwa peningkatan jumlah tersebut menjadi tantangan tersendiri.

Selain itu, Nopian juga mengatakan bahwa pihaknya perlu mempersiapkan program yang mampu mendukung para lansia agar lebih tangguh, sehat, aktif, mandiri, dan produktif. 

"Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, tentunya diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, maupun komponen-komponen masyarakat lainnya," jelas Nopian, Jum'at (24/6/2022).

Baca Juga: Legislator Dorong Kota Depok Percepat Penurunan Stunting

Nopian mengatakan, melalui perhelatan Hari Keluarga Nasional ke-29 yang jatuh pada tanggal 29 Juni nanti, pihaknya akan melangsungkan beberapa agenda kegiatan yang memiliki urgensi dengan kesejahteraan keluarga.

BKKBN melakukan program yang sejalan dengan amanat Presiden melalui Keputusan Presiden RI No.39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. Dalam gelaran puncak Hari Keluarga Nasional, kata Nopian, pihaknya mengapresiasi peran keluarga di Indonesia dan mendukung terus pemerintah dalam menangani angka stunting.

"Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini adalah wujud apresiasi kepada seluruh keluarga di Indonesia serta mendukung upaya pemerintah dalam penanganan stunting di Indonesia. Karena, keluarga merupakan komponen utama yang berperan penting, terutama pada masa awal kehidupan (anak)," jelasnya.

Baca Juga: Pembangunan KEK Kura-Kura Bali Diharapkan Dapat Mendukung Quality Tourism di Bali

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: