Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alibaba Cloud Luncurkan Platform Solusi Manajemen Karbon

Alibaba Cloud Luncurkan Platform Solusi Manajemen Karbon Kredit Foto: Alibaba Cloud
Warta Ekonomi, Jakarta -

Alibaba Cloud meluncurkan global Energy Expert, sebuah platform keberlanjutan untuk membantu pelanggan di seluruh dunia mengukur, menganalisis, dan mengelola emisi karbon dari aktivitas bisnis dan produk mereka.

Inisiatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk berbagi teknologi hemat energi dengan pelanggan dan mitra bisnisnya sehingga dapat mengurangi jejak karbon.

Chen Lijuan, General Manager of Product and Solutions di Alibaba Cloud, mengungkapkan Energy Expert dirancang untuk membantu perusahaan mencapai tujuan dalam menetralitasi karbon mereka melalui teknologi canggih dan solusi yang efisien.

Baca Juga: Berhasil Pertahankan Posisi, Alibaba Kembali Raih Peringkat 3 Besar Dunia Selama 4 Tahun Beruntun

"Kami berharap inovasi Alibaba Cloud yang telah terbukti ini dapat membantu pelanggan global kami untuk mencapai target net zero mereka melalui tindakan yang berwawasan luas dan praktik keberlanjutan yang terinformasi," ujar Chen Lijuan, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/7/2022).

Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk mengidentifikasi sumber emisi karbon mulai dari aktivitas bisnis sehari-hari hingga siklus produk mereka, berdasarkan standar PAS 2060 dan ISO 14064 mengenai netralitas karbon. Pelanggan juga dapat mengukur jejak karbon mereka melalui model perhitungan yang telah dibuat sebelumnya dengan memanfaatkan set data faktor emisi publik dan set data milik Energy Expert.

Selain itu, tekonologi ini juga memberikan visibilitas ke dalam pola emisi karbon secara real-time dan kemajuan kinerja keberlanjutan melalui visualisasi di dasbor dan laporan online.

Energy Expert juga menawarkan rencana pengoptimalan yang dapat ditindaklanjuti dengan rekomendasi yang menyeimbangkan pertumbuhan bisnis dan dampak lingkungan. Ini mencakup peningkatan penggunaan energi bersih, mengurangi konsumsi listrik yang berlebihan selama masa sibuk, dan mengoptimalkan rantai pasokan mulai dari pengadaan bahan hingga pengiriman produk.

Energy Expert juga bekerja dengan organisasi industri yang diakui di seluruh dunia seperti TÜV Rheinland untuk menyediakan akuntansi dan sertifikasi jejak karbon online yang otoritatif, membantu pelanggan dengan mudah memvalidasi dan mengomunikasikan kemajuan penghematan energi mereka kepada para pemangku kepentingan.

Baca Juga: Gerindra Angkat Suara Terkait Kejelasan Prabowo Subianto di Pilpres 2024: Kita Sudah Diluar KIB dan PDI

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: