Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tjahjo Kumolo Dimata Menteri Tito: Beliau Adalah Sosok Senior yang Saya Hormati

Tjahjo Kumolo Dimata Menteri Tito: Beliau Adalah Sosok Senior yang Saya Hormati Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

"Begitu saya nyampe barusan ini saya langsung kesini mengucapkan belasungkawa dan duka cita resmi pada Ibu (istri mendiang Tjahjo Kumolo) karena pada waktu saya besuk juga Ibu Tjahjo juga ada disitu mendampingi," kata Tito di Rumah Dinas Menteri di Jalan Widya Chandra IV No.22, Jakarta, pada Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga: Anak Ucapkan Permohonan Maaf Apabila Tjahjo Kumolo Memiliki Salah: Saya Sebagai Anak...

"Jadi kami tentu keluarga besar Kemendagri merasa sangat berduka sedalam-dalamnya. Karena beliau bagi saya pribadi adalah sosok senior bagi saya, senior yang saya hormati," sambungnya. 

Menurut Tito menambahkan, mendiang Tjahjo Kumolo kerap memberikan nasehat serta masukan sewaktu dirinya masih aktif di institusi Polri. 

"Beliau ini sangat rajin membuat tulisan-tulisan singkat yang mudah dicerna dan selalu saya diberikan waktu. Saya Kapolri diberikan masukan tentang polri tentang situasi politik dan lain-lain," ujar dia. 

"Pada waktu saya menggantikan beliau di Kemendagri pun saya banyak mendapat masukan dari beliau tentang situasi di Kemendagri," imbuh Tito. 

Lebih lanjut, Tito menceritakan pertemuan terakhir antara dirinya dengan Menteri Tjahjo pada saat sidang kabinet. Bagi Tito, sosok Tjahjo merupakan senior yang kerap memberikan masukan kepada dirinya di pemerintahan maupun dunia perpolitikan. 

"Pertemuan saya terakhir sebelum beliau masuk RS ya di sidang Kabinet, beliau banyak memberikan masukan-masukan tentang situasi politik, keamanan, papua dan lain-lain. Banyak ngobrol sama beliau. Saya menganggap beliau sebagai senior," imbuhnya.

Di samping itu, Menteri Tito menggambarkan sosok eks Mendagri itu sebagai pria yang tenang dan sarat akan pengalaman di dunia pemerintahan. 

"Beliau orang yang tenang, sosok yang tenang, tidak banyak bicara. Tapi sekali bicara berbobot dan sangat berpengalaman dalam dunia politik. Saya kan polisi, jadi enggak banyak paham dunia politik praktis. Saya jadi banyak belajar dari beliau dan beliau adalah sosok yang baik, sabar dan sederhana," ucap dia. 

Sebagai informasi, Menteri Tito menceritakan alasan mengapa dirinya baru menyempatkan hadir ke rumah duka. Hal itu dikarenakan dirinya yang baru melakukan kunjungan kerja Kemendagri di Singapura. 

Meski begitu, Tito mengaku bahwa dirinya terus memantau kondisi Tjahjo ketika masih berada di rumah sakit hingga di hari dimana ia menghembuskan nafas terakhirnya, pada Jumat 1 Juli 2022 di RS Abdi Waluyo.

Baca Juga: Rocky Gerung Blak-blakan Terkait Cawapres Pilihan Anies Baswedan: Nggak Mungkin dari Nasdem

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Adrial Akbar

Advertisement

Bagikan Artikel: