Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bisa Berdampak Negatif Bagi Citra Politik Anies, Pengamat Soroti Penutupan Holywings: Soal Isu Kemanusiaan

Bisa Berdampak Negatif Bagi Citra Politik Anies, Pengamat Soroti Penutupan Holywings: Soal Isu Kemanusiaan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anies Baswedan menutup seluruh outlet Holywings yang ada di DKI Jakarta. Penutupan ini dinilai Pengamat Politik Djayadi Hanan memberikan dampak politik bagi Anies, meskipun efeknya tidak terlalu positif. Djayadi menilai, penutupan outlet Holywings bukan hanya dikaitkan dengan isu agama, tetapi juga melebar menjadi isu kemanusiaan.

Seperti yang diketahui, sebelumnya pihak manajemen Holywings menggegerkan publik dengan promosi berbau SARA, yaitu menggratiskan minuman keras untuk pengunjung bernama Muhammad dan Maria. Promosi tersebut kemudian berujung pada penutupan 12 gerai Holywings yang dianggap menyalahi aturan perizinan setelah dilakukan investigasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Tutup Holywings, Anies Baswedan Malah Dibilang Cuma Pencitraan: Dia Itu Dekat dengan Alumni 212...

Keputusan Anies mencabut izin usaha Holywings memang disambut positif, khususnya kalangan organisasi Islam. Meski demikian, Djayadi menilai akan ada efek lain dari sisi kemanusiaan yang malah berbalik mencoreng citra Anies.

"Karena isunya begini, bergeser bukan hanya soal miras, jadinya soal isu kemanusiaan. Ada orang bekerja di situ, ada orang terdampak, dan itu bisa kemana-mana isunya, bisa mengakibatkan dampak positif diinginkan di Jakarta bisa berkurang, malah bisa negatif," ujar Djayadi dalam diskusi Total Politik di Pejaten, Jakarta Selatan pada Minggu (3/6/2022).

Djayadi juga menyebut, Anies selaku tokoh potensial yang diusung menjadi calon presiden dalam Pemilu mendatang saat ini bersama pendukungnya harus fokus meraup suara oposisi pemerintah yang berjumlah 20-30 persen. Namun, menjual isu penutupan Holywings dinilai bukan cara yang tepat.

Baca Juga: Berani Fitnah Habib Rizieq Soal Penutupan Holywings, Seorang Guru SD Ini Akhirnya....

"Umumnya mereka ini melihat 2024 itu dengan cara menokohkan Anies. Itu sebetulnya kalau penutupan Holywings untuk itu sebetulnya sesuatu yang secara politik tidak begitu cerdas," tuturnya.

Apalagi, penutupan Holywings juga merupakan kebijakan yang lumrah dilakukan. Kepala daerah lain juga harus mengikutinya demi mengatasi keresahan masyarakat yang meluas.

Baca Juga: Akusisi Axle Asia, Bolttech Siap Perkuat Bisnis Asuransi di Indonesia

Halaman:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: