Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Kabupaten Sleman Gandeng Perpusnas, Dorong Inovasi dan Literasi

Pemerintah Kabupaten Sleman Gandeng Perpusnas, Dorong Inovasi dan Literasi Kredit Foto: Perpusnas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) dan Pemerintah Kabupaten Sleman menjalin kerja sama pada bidang pengembangan perpustakaan.

Penandatanganan nota kesepakatan antara kedua institusi dilakukan Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dalam kegiatan talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) Kabupaten Sleman, pada Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Kontra PSS Sleman, Persib Kehilangan Lima Pemain Andalan

Bupati Kustini menerangkan Kabupaten Sleman adalah Kota Pelajar karena memiliki mahasiswa sekitar 300 ribu orang dari sekitar 60 perguruan tinggi. Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan literasi di Kabupaten Sleman, sekaligus mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pelaksanaan pelatihan di perpustakaan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kustini dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sleman. Amanah yang diterima, ujarnya, menjadi motivasi dan semangat dalam meningkatkan literasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sleman.

Literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter. Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Sleman yakni “Terwujudnya Sleman sebagai rumah bersama yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan, dan memiliki jiwa gotong royong”.

“Berdaya saing ialah masyarakat memiliki keunggulan kompetitif untuk menghadapi persaingan di masa datang. Sehingga kemampuan literasi yang baik menjadi salah satu modal menjadi masyarakat unggul,” jelasnya.

Baca Juga: Bersama Perpusnas, Pemerintah Kab. Nias Utara Gencar Dongkrak Potensi SDM Lewat Literasi

Kepala Perpusnas mengapresiasi semangat Bunda Literasi Kabupaten Sleman untuk menjadi role model dalam merangsang kegemaran membaca di Kabupaten Sleman. Menurutnya, sejatinya Bunda Literasi mengemban tugas penting untuk mempromosikan serta meningkatkan kegemaran membaca di satuan keluarga, pendidikan, dan masyarakat demi membangun kepedulian terhadap perpustakaan.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan