Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat Sebut Bambang Pacul Cocok Isi Posisi MenPAN-RB, Alasannya karena Dekat dengan Megawati

Pengamat Sebut Bambang Pacul Cocok Isi Posisi MenPAN-RB, Alasannya karena Dekat dengan Megawati Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau biasa disebut Menpan RB meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022). 

Publik pun kini bertaya-tanya siapa sosok yang akan mengisi posisi MenPAN-RB.

Mengenai hal ini, Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul membeberkan komentarnya soal sosok yang pantas menjadi pengganti Tjahjo Kumolo.

Menurut Adib, PDIP sangat kehilangan sosok politikus seniornya tersebut.

Meski demikian, posisi tersebut harus diisi kembali agar tidak ada kekosongan yang menyebabkan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhambat.

“Kehilangan cahyo kumolo sangat telak bagi PDIP. Sebab, figurnya bisa membawa irama PDIP baik di kabinet,” ujar Adib dilansir dari GenPI.co, Senin (4/7).

Adib menilai PDIP memiliki tugas besar untuk menemukan sosok yang tepat untuk menjadi pengganti Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Heboh Soal Klaim Jokowi Sampaikan Pesan Zelensky ke Putin, Rocky Gerung Malah Bikin Pantun Menohok: Beli Kedondong Jangan Diborong… Cakep!

“Penggantinya harus berepresentasi seperti Tjahajo Kumolo dan semirip mirip dia,” tuturnya.

Ia lantas menyebut sosok elite PDIP yang pantas menggantikan Tjahjo Kumolo harus bisa meramu kepentingan dan membantu Jokowi.

Menurutnya, ada beberapa sosok yang sangat pantas menggantikan Tjahjo Kumolo, yakni Effendi Simbolon, Trimedia Panjaitan, dan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

“Yang paling berpeluang besar Bambang Pacul. Sebab, dia bisa membuat inti dari PDIP tetap solid,” ucapnya.

Adib menilai Bambang Pacul berperan sebagai jangkar PDIP dan bisa mengendalikan partai moncong putih tersebut.

“Dia juga memiliki kedekatan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR Puan Maharani. Saya kira sosok dia sangat cocok menggantikan almarhum,” pungkas Adib. (*)

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan