Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

UU Provinsi Sumatera Barat Terbaru Atur Syariat Islam, Ade Armando: Kita Negara Kesatuan!

UU Provinsi Sumatera Barat Terbaru Atur Syariat Islam, Ade Armando: Kita Negara Kesatuan! Kredit Foto: Facebook/Ade Armando
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Undang-undang berkaitan dengan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam UU baru tersebut dijelaskan bahwa dat dan budaya Minangkabau didasari pada nilai falsafah dengan karakter religius.

"Adat dan budaya Minangkabau berdasarkan pada nilai falsafah, adat basandi syara', syara' basandi kitabullah sesuai dengan aturan adat salingka nagari yang berlaku," demikian bunyi dari Pasal 5 C UU tentang Provinsi Sumatera Barat.

Ungkapan adat basandi syara', syara' basandi kitabullah bisa diartikan sebagai adat bersandar pada syariah, dan syariah bersandar dengan kitabullah yakni Al quran.

Meski tidak diterapkan secara menyeluruh sebagaimana di Aceh, kebijakan UU ini disoroti oleh beberapa pihak yang merasa keberatan salah satunya Ade Armando.

Baca Juga: Selamat Bu Megawati dan Mbak Puan Maharani, Rocky Gerung Kasih Jempol untuk Kalian! Alasannya Nggak Main-main, Simak!

Sosok yang beberapa waktu lalu babak belur dihajar di aksi mahasiswa ini mengaitkan banyak hal terkait kebijakan ini. Diantara yang Ade kahwatirkan adalah kewajiban berjilbab, penerapan waris islam, dll.

Menurut Ade, Indonesia bukan negara federasi tetapi negara kesatuan sehingga hukum yang diterapkan harus berlaku sama.

“Indonesia bukanlah sebuah negara federasi, kita adalah negara kesatuan seharusnya hukum berlaku secara sama di seluruh Indonesia,” ujar Ade melalui kanal Youtube Cokro Tv, dikutip Jumat (8/7/22).

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Formula E Bukan Program Gubernur, Guntur Romli: Sinyal Buat Anak Buah Siap-siap Jadi Korban?

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: