Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Meningkat Tajam, Ketua Satgas IDI: Kita Sedang Memasuki Gelombang Keempat

Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Meningkat Tajam, Ketua Satgas IDI: Kita Sedang Memasuki Gelombang Keempat Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kasus harian Covid-19 di Indonesia mulai kembali menunjukkan peningkatan signifikan. Hal ini membuat sejumlah aturan seperti pembatasan kegiatan (PPKM) dan protokol kesehatan (prokes) kembali diketatkan regulasinya oleh pemerintah.

Menanggapi tingginya catatan kasus Covid-19 secara nasional, Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban memprediksi bahwa saat ini Indonesia sedang memasuki gelombang keempat penularan Covid-19.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Surabaya Masifkan Vaksinasi Booster

"Saya khawatir kita sedang memasuki gelombang keempat," kata Zubairi saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Pihaknya, mencatat kenaikan kasus harian yang cukup tinggi mulai 2 Juli yakni 1.794 kasus. Dan jumlah itu terus mengalami dinamika dengan kecenderungan naik hingga saat ini.

"Ada peningkatan signifikan dalam jumlah kasus baru belakangan ini. Terbaru [per 13 Juli 2022] adalah 3.822 kasus dengan 12 kematian," katanya.

Baca Juga: Kasus Covid Naik, Masyarakat Diimbau Kenakan Masker di Tempat Terbuka

Untuk itu, pihaknya meminta, masyarakat lebih berhati-hati, tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dan segera melakukan vaksinasi penguat. Namun demikian, masyarakat diminta jangan terlalu panik karena kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan Selandia Baru.

Zubairi mengamini, imbauan pemerintah yang mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker di dalam dan luar ruangan. Pada Senin (11/7/2022), Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk memakai masker di dalam dan luar ruangan karena peningkatan kasus Covid-19, baik di Indonesia maupun negara lain.

Baca Juga: Segera Disidang, Roy Suryo Ditahan di Rutan Salemba, Ferdinand Ngeledek: Sabar Mas Nikmati Saja..

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: