Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cuma Ada 3 Nama Capres Papan Atas, Maaf Ya, AHY, Ahok, dan Ridwan Kamil Jadi Capres Papan Tengah

Cuma Ada 3 Nama Capres Papan Atas, Maaf Ya, AHY, Ahok, dan Ridwan Kamil Jadi Capres Papan Tengah Kredit Foto: Antara/Fransisco Carolio
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Survei Nasional (LSN) lewat hasil survei teranyarnya mengungkapkan bahwa loyal voters atau calon pemilih yang sudah mantap dengan calon presiden (capres) pilihannya saat ini baru mencapai 52 persen.

Artinya tingkat swing voters atau pemilih yang masih mungkin berubah dari capres pilihannya saat ini masih cukup tinggi, mengingat pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024 tinggal 19 bulan lagi..

Baca Juga: Airlangga Cs Akan Punya Dampak Besar di Pilpres 2024, Partai Lain Siap-Siap Saja

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara, Bakry mengatakan peluang para kandidat capres papan tengah seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Moeldoko, Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Purnama masih terbuka.

“Lalu berdasarkan temuan LSN, dominasi capres papan atas yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan belum tergoyahkan sejak 1,5 tahun lalu,” ucapnya.

Kata Bakry, semua lembaga survei mainstream juga selalu menempatkan ketiga tokoh tersebut di posisi tiga besar rating elektabilitas.

Sepintas seperti tidak ada peluang kandidat capres papan tengah bisa menyodok ke atas.

“Namun mengingat tingkat swing voters masih cukup tinggi, secara matematis peluang tokoh-tokoh seperti Ridwan Kamil, Moeldoko, AHY, Erick Thohir dan lain-lain untuk menembus tingkat elektabilitas dua digit masih cukup terbuka. Dengan kata lain, siapa yang bakal maju dan diusung oleh partai-partai politik sebagai capres 2024 relatif masih cair,” jelasnya.

Hasil survei terbaru LSN menunjukkan bahwa Prabowo Subianto masih memiliki elektabilitas tertinggi (29,5%). Di posisi berikutnya adalah Ganjar Pranowo (20,9%) dan Anies Baswedan (18,5%).

Di posisi papan tengah atau yang elektabilitasnya masih satu digit, terdiri dari Ridwan Kamil (7,6%), Sandiaga Uno (4,2%), Basuki Tjahaja Purnama (2,6%), AHY (2,5%), Moeldoko (2,4%), Dedi Mulyadi (2,1%), Erick Thohir (1,7%), dan Airlangga Hartarto (1,2%).

Baca Juga: Gegara Usung Anies Jadi Capres, Ferdinand Sindir Surya Paloh: Kira-kira Apakah Dia Akan Kena Kutukan?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: