Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Surat Terbuka Ridwan Kamil untuk Baim Wong Soal Citayam Fashion Week: Biarkan Tetap Slebew Bukan Haute Couture

Surat Terbuka Ridwan Kamil untuk Baim Wong Soal Citayam Fashion Week: Biarkan Tetap Slebew Bukan Haute Couture Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Fenomena Citayam Fashion Week yang bakal didaftarkan oleh selebriti Baim Wong ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menarik perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Melalui unggahan di akun media sosial miliknya, yaitu Instagram dan Twitter, Ridwan Kamil menuliskan surat terbuka untuk Baim dan istri, Paula Verhoeven, untuk mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week tersebut.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," tulis Ridwan Kamil, dikutip Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Citayam Fashion Week Didaftarkan ke Kemenkumham, Komisi III DPR: Saya Yakin Pencetusnya Bukan Baim Wong

Ridwan menilai ketika Citayam Fashion Week diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di Podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," tegasnya.

Gubernur yang sempat turun dalam Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Selatan ini mengatakan ada kalanya para remaja yang nongkrong hanya menjadikan ajang ini sebagai ruang ekspresi yang dibutuhkan.

"Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-indvidu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," tukasnya.

Baca Juga: Dua Pihak Salah Satunya Baim Wong Bersaing Patenkan Brand Citayam Fashion Week, DJKI Blak-blakan: Benar Bahwa...

Ridwan mengatakan jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah Bonge, Roy, Jeje, Kurma dkk sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. "Oleh mereka bukan Anda," tandasnya.

Dia mengingatkan Baim dan Paula untuk merambah ke bidang lain jangan ke Citayam Fashion Week. "Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," ujarnya.

Di penghujung postingannya, Ridwal Kamil meminta Baim Wong mencabut HAKI Citayam Fashion Week. "Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun," tutupnya.

Baca Juga: Nah Lho! Janji Febri Diansyah Jadi Pengacara Putri Candrawathi, Haris Pertama: Pasti Akan Dibela Mati-matian

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: