Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pentingnya Kecerdasan Artifisial untuk Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Bisnis Pascapandemi

Pentingnya Kecerdasan Artifisial untuk Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Bisnis Pascapandemi Kredit Foto: Warta Ekonomi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ada banyak perubahan terjadi dalam perkembangan ekosistem bisnis selama masa peralihan akibat pandemi. Perubahan yang paling besar dan kentara serta banyak memberikan pengaruhnya adalah perubahan perilaku masyarakat sebagai konsumen yang menikmati produk bisnis.

Untuk memberikan kemudahan akses dan kepuasan pelanggan, pelaku bisnis atau perusahaan mulai mengikuti perubahan gaya hidup konsumen yang menuntut respons bisnis tanpa kenal waktu. Sehingga bisnis harus mampu mempersiapkan kegiatan operasionalnya supaya dapat berjalan secara seimbang.

Solusi yang banyak ditawarkan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menghadirkan teknologi praktis dari kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) berbentuk chatbot atau voicebot yang kini mulai banyak digunakan di berbagai industri untuk merespons dinamika dan gaya hidup konsumen yang berubah dengan sangat cepat.

Baca Juga: Kata.ai Dorong Bisnis Tingkatkan Produktivitas Pascapandemi dengan Kecerdasan Artifisial

“Dengan membaca serta mengerti dari data-data yang dikoleksi oleh sebuah bisnis, kita mampu menganalisis bagaimana perilaku konsumen sampai produk yang paling laku. Bisnis pun juga mampu melihat peluang dengan analisis data yang tepat, sehingga kesempatan ini bisa dimaksimalkan oleh teknologi kecerdasan artifisial walau bisnis memiliki sumber daya yang terbatas namun ingin tetap maksimal dalam meningkatkan produktivitas,” ujar Irzan Raditya, CEO & Co-Founder dari Kata.ai, dalam webinar bertajuk AI For Post Pandemic:  Making Sustainable Business to Thrive, Rabu (27/7/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Achmad Soegiarto selaku Chief Strategy & Technology Officer Kalla Group  menyampaikan, konsumen kini memiliki preferensi yang semakin banyak dengan berbagai macam keunggulan informasi yang berjalan serba cepat. Dengan kondisi ini bisnis harus mampu menjadi lebih personal serta lebih dekat dengan konsumen.

"Sehingga strategi bisnis yang diterapkan menjadi tepat guna dan menggunakan teknologi yang tepat pula,” jelasnya pada wartawan dalam webinar tersebut.

Kalla Group melalui program Startup Hunt berusaha mempertemukan ekosistem di lintas industri bisnis Kalla Group dengan para startup penyedia jasa kecerdasan buatan yang merupakan enabler AI sebagai respons dari konsumsi kebutuhan AI yang terus mengalami peningkatan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: