Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertemuan Ketiga EdWG G20, Kemendikbudristek Yakin Sektor Pendidikan Bisa Pulih Sepenuhnya

Pertemuan Ketiga EdWG G20, Kemendikbudristek Yakin Sektor Pendidikan Bisa Pulih Sepenuhnya Kredit Foto: Kemendikbudristek
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan pertemuan ketiga Education Working Group of 20 (EdWG G20) yang berlangsung sejak 27-28 Juli 2022 lalu. Pada pertemuan tersebut, membahas agenda prioritas kita dan keempat dalam Presidensi G20 di bidang pendidikan.

Lebih spesifik, agenda tersebut membahas mengenai Solidaritas dan Kemitraan serta Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19 yang dilakukan guna mewujudkan gotong royong global dalam membekali para pelajar dengan beragam keterampilan yang relevan dengan tantangan masa depan.

Baca Juga: Gandeng Pemerintah Daerah, Kemendikbudristek Ingin Implementasi Kurikulum Merdeka Dipahami

Chair of G20 EdWG Iwan Syahril memaparkan bahwa sejauh pandemi melanda, pihaknya disadarkan bahwa adanya kebutuhan mendesak untuk segera melakukan transformasi sistem pendidikan yang tidak hanya di skala nasional, tetapi juga global.

"Di masa pandemi, pelajar di seluruh dunia, terlepas jenjang dan usia, mengalami learning loss. Ditambah lagi, ada juga pelajar yang sama sekali tidak mendapatkan akses terhadap pendidikan selama pandemi. Hal ini secara substansial memengaruhi proses belajar dan dapat menghambat para pelajar untuk meraih mimpi.” kata Iwan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/7/22).

Dia memaparkan, terdapat berbagai sudut pandang yang memiliki manfaat pada pemulihan di sektor pendidikan melalui kesempatan berdiskusi bersama kelompok kerja dan organisasi internasional di luar EdWG G20.

Baca Juga: Ya Allah, Sumpah Ahok Kembali Terbukti, "Satu Persatu Dipermalukan"

"Pengalaman dan informasi yang dibagikan, serta menjadikannya sebuah inspirasi untuk mengembangkan pendekatan terbaik untuk mentransformasi sistem pendidikan,” tutup Iwan.

Baca Juga: Ngeri! Informan SBY Bukan Orang Sembarangan: Mendengar Langsung dari Mulutnya Presiden, Presiden Hanya Mau Dua Calon

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: