Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lagi! Kader PSI Nyatakan Dukung Anies Baswedan, Analisis Rocky Gerung Tajam: Di dalam Dia Mulai Gerah!

Lagi! Kader PSI Nyatakan Dukung Anies Baswedan, Analisis Rocky Gerung Tajam: Di dalam Dia Mulai Gerah! Kredit Foto: Instagram/Giring Ganesha
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah Eks Tangan Kanan Ahok yang juga mantan petinggi Partai Solidaritas Indoneisa (PSI), Sunny Tanuwidjaja menyatakan mendukung Anies Baswedan, kini Gubernur DKI Jakarta tersebut kembali dapat “angin segar” dari politisi PSI untuk maju di Pilpres 2024.

Dukungan ini datang dari Surya Tjandra yang merupakan kader PSI dan sempat menempati posisi Wakil Menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi).

Mengenai dukungan kader PSI ke Anies Baswedan ini, Pengamat Politik Rocky Gerung angkat suara. Lewat video di kanal YouTube miliknya (Rocky Gerung Official) yang juga bersama oleh Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), Rocky menyebut perlu dipertanyakan dulu mengapa dukungan itu bisa terjadi.

Menurut Rocky dalam melihat fenomena ini ada dua pendekatan yakni Push Factor (Faktor Pendorong) dan Pull Factor (Faktor Penarik). Menurut Rocky faktor pendorong sehingga Surya Tjandra memilih jalan berbeda dari PSI yang lebih kuat.

“Tentu saja lebih kuat push factor-nya, jadi sebetulnya “keluar dari” itu yang harus kita tanya kenapa,” ujar Rocky melalui kanal Youtube miliknya, dikutip Jumat (29/7/22).

Baca Juga: Anies Baswedan Mohon Buka Kuping Lebar-lebar, Rocky Gerung Kasih Pesan Nggak Main-main untuk Anda: Harus Proaktif, Langsung Deklarasi!

Bukannya tanpa alasan, Rocky menjelaskan faktor pull (penarik) sudah tentu akan terlebih sosok Anies dengan segala macam rekam jejak kinerjanya membuat banyak pihak tertarik untuk bekerja sama.

Ini juga yang menjadi salah satu alasan Surya Tjandra yang mengaku selama menjadi Wamen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melihat bagaimana kinerja Anies memuaskan.

“Kalau masuk ke Anies itu masuk akal memang semua orang ingin ‘masuk ke’ di-pull oleh intergitas Anies. Tapi kita mesti tahu kenapa dia keluar, Di-push oleh siapa, apa faktor yang membuat dia keluar dari situ,” jelas Rocky.

Baca Juga: Ade Armando Buat Demokrat Tak Berkutik Usai Tanggapi Pernyataan Jokowi Soal Rambut Putih: Kelewat Serius!

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: