Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Bisa Saja Tak Dapat Partai Meski Elektabilitas Tinggi dan Dekat dengan Petinggi Parpol, Pengamat: Susah Ditebak

Anies Bisa Saja Tak Dapat Partai Meski Elektabilitas Tinggi dan Dekat dengan Petinggi Parpol, Pengamat: Susah Ditebak Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sejumlah lembaga survei merilis tingkat elektabilitas tokoh-tokoh politik dalam pandangan masyarakat. Salah satu tokoh yang selalu memiliki catatan elektabilitas tinggi adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Namun, Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto menyebut bahwa elektabilitas tinggi yang didapat Anies tersebut bukan jaminan dirinya bisa melenggang pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Anies Baswedan Banjir Kritik, Gus Nadir Tiba-tiba Pasang Badan: Mengusik Ritual Agama Islam Hanya karena Benci Anies

"Bisa saja dalam dinamika politik Indonesia yang susah ditebak, Anies justru tidak mendapatkan partai," kata Andi Ali Armunanto, Minggu (31/7/2022).

Pada resepsi pernikahan putri Anies Baswedan, yaitu Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraebi, Sabtu (30/7/2022) bertabur tokoh nasional, serta dihadiri ketua umum parpol hingga figur capres-cawapres.

Meski begitu, dengan ambang batas dukungan suara parpol 20 persen pada pilpres nanti, Anies yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta, belum tentu bisa melangkah mulus. Banyak faktor yang memengaruhi selain popularitas-elektabilitas.

Hadirnya banyak tokoh pada resepsi putri Anies, bisa dibaca hanya sebagai penghargaan sebagai sesama pejabat negara atau sesama politisi. Menurut Andi, sejauh ini belum ada kesimpulan politik diambil dari peristiwa itu. Terutama indikasi dalam menilai pola relasi politik Anies dengan politikus lainnya.

"Meskipun dengan modal popularitas dan elektabilitasnya dalam setiap survei Anies tentu akan banyak diincar oleh parpol," tutur lulusan magister Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Baca Juga: Disinggung Soal LGBT di Ajang Citayam Fashion Week, Reaksi Anies Baswedan Tak Terduga

Selain itu, Anies Baswedan merupakan salah satu calon presiden yang potensial untuk saat ini. Tentu banyak pihak yang ingin menunjukkan apresiasinya demi agenda politik 2024.

"Di sisi lain, Anies sebagai Gubernur DKI juga menjadi tokoh penting di ibu kota," tambah lulusan doktoral UGM ini.

Jika merujuk pada hasil survei, Anies memang sangat potensial. Dia salah satu tokoh yang selalu menduduki posisi puncak dalam mengukur elektabilitas.

Baca Juga: Mudahkan Nasabah, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: