Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kegembiraan Anak-anak di Kampung Amagais Papua Rayakan Hari Anak Nasional 2022

Kegembiraan Anak-anak di Kampung Amagais Papua Rayakan Hari Anak Nasional 2022 Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Matius merupakan anak dari Kampung Amagais, Papua yang sumringah saat mengikuti serangkaian acara perayaan Hari Anak Nasional 2022 di desanya yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

"Sa senang sekali menggambar," ucap Matius saat menerima selembar kertas gambar dari Pekerja Sosial, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Gelar Kegiatan Hari Anak, Masjid Raya Bintaro Jaya Komitmen Jadi Masjid Ramah Anak dan Disabilitas

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 29 Juli 2022 sampai dengan 1 Agustus 2022. Dimulai dengan melakukan asesmen terhadap anak-anak yang ada di Kampung Amagais. 

Ada banyak kegiatan yang melibatkan anak, di antaranya belajar menggambar dan mewarnai, membuat anyaman tikar dari daun pandan, dan bermain congklak. Anak-anak juga bersama-sama membuat lapangan voli. Tak hanya itu, tim juga memberikan edukasi tentang kebersihan diri. 

"Tadi kata mama kita harus mandi tiap pagi dan sore menggunakan sabun, cuci rambut dengan sampo, sikat gigi dengan pasta gigi," ucap Matius menirukan kata-kata pekerja sosial yang didengarnya tadi. 

Anak-anak juga diajarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersama dengan tim, anak-anak melakulan kerja bakti memotong rumput, membersihkan selokan, dan membuang sampah. Selain itu, anak-anak juga diajari bagaimana caranya mencegah penyakit seperti TBC. Mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat.

Kepala Sentra Terpadu Inten Soeweno, Royani mengatakan Tim dari Kemensos telah menyalurkan berbagai bantuan di Kampung Amagais.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, BRI Selenggarakan Kegiatan Bersama Pelajar dan Aktivis Lingkungan

"Kemensos menyerahkan jaring menangkap ikan untuk 55 kepala keluarga, paket pemenuhan hidup layak seperti nutrisi dan makanan dan pakaian kepada 300 anak, serta paket perlengkapan sekolah untuk 85 anak," jelas Royani. 

Bantuan tersebut, lanjut Royani, merupakan hasil asesmen yang di sudah dilakukan oleh tim. Adapun, tim Kemensos yang bertugas di Kampung Amagais adalah Sentra Terpadu Inten Soeweno di Cibinong, Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Direktorat Komunitas Adat Terpencil, Direktorat PSDS dan Dinas Sosial Kabupaten Asmat. 

Royani mengungkapkan, puncak rangkaian HAN 2022 dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2022 di Lombok Timur, kemudian anak-anak di Amagais mengikuti acara tersebut secara daring.

Baca Juga: Nah Kan! Jokowi Geram Dana Pemda Mengendap di Bank Rp278 Triliun, Eh Umar Hasibuan Ngeledek: Saya Kaget, Saya Bingung, Saya...

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: