Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Peneliti FKUI, DoctorTool Kembangkan Teknologi Internet of Medical Things

Gandeng Peneliti FKUI, DoctorTool Kembangkan Teknologi Internet of Medical Things Kredit Foto: DoctorTool
Warta Ekonomi, Jakarta -

Startup healthtech DoctorTool bersama peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengembangkan teknologi Internet of Medical Things (IoMT). Teknologi ini dikembangkan untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Dengan dukungan aplikasi dan teknologi IoMT dari DoctorTool, dokter dapat terhubung dengan pasiennya dari mana pun. Dengan demikian, teknologi ini mampu membantu pelayanan medis di pelosok Indonesia maupun perkotaan yang memiliki kendala akses ke klinik.

"Bentuk digitalisasi alat kesehatan (alkes) melalui IoMT ini membuka akses pelayanan kesehatan yang berkualitas di desa-desa, membantu para dokter memantau pasien secara jarak jauh melalui data kesehatan yang ter-update secara real time," ujar Rainaldo, Co-Founder dan CEO DoctorTool, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Dorong Pengembangan Startup Teknologi, WIR Group Jadi Mitra Strategis NXC International Summit 2022

Sebagai percontohan pertama, teknologi dari DoctorTool akan diaplikasikan untuk pemantauan penyakit kronis bagi pasien di perkotaan dan untuk deteksi risiko stunting pada bayi dan balita di pedesaan.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, DoctorTool menyediakan IoMT seperti alat-alat pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen, pita pengukur, alat ukur tinggi dan timbangan badan yang langsung terhubung sistem rekam medis elektronik pada DoctorTool.

Sistem IoMT ini akan digunakan untuk mendata dan mengirim rekam medis pasien ke dokter penanggung jawabnya secara real time. Bila hasil kegiatan ini menjanjikan, implementasi IoMT dapat diadopsi DoctorTool ke daerah-daerah lain guna memperluas akses layanan kesehatan di Indonesia sehingga sistem konsultasi yang berkelanjutan dan berjenjang juga bisa dilakukan dari daerah untuk kasus-kasus yang memang sesuai dan memungkinkan.

Dr. Trevino Pakasi, peneliti FKUI yang berpartisipasi dalam pengembangan teknologi ini, mengungkapkan inovasi IoMT sangatlah penting dalam pemantauan data pasien, pendeteksian dini gejala penyakit, perawatan jarak jauh, hingga penerapan program-program penyakit kronis. Dokter juga dapat melakukan layanan kesehatan melalui telemedicine sambil memantau data kesehatan pasien secara real time.

"Bersama dengan tim DoctorTool, saya yakin bahwa inovasi teknologi ini akan membawa kemajuan yang sangat berarti dalam penyamarataan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Trevino.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan