Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yang Terburuk Dimulai, China Pukul Taiwan dengan Pembatasan Perdagangan, Lihat Daftarnya!

Yang Terburuk Dimulai, China Pukul Taiwan dengan Pembatasan Perdagangan, Lihat Daftarnya! Kredit Foto: Reuters/Ann Wang
Warta Ekonomi, Hong Kong -

China telah menangguhkan beberapa perdagangan dengan Taiwan sebagai balasan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Pembatasan tersebut termasuk penangguhan beberapa buah dan impor ikan dari Taiwan, dan ekspor pasir alam ke pulau itu, lapor CNN.

Baca Juga: Efeknya Luar Biasa! Kunjungan Nancy Pelosi Bikin Semua Lembaga Publik Taiwan Disambar Serangan Siber

China adalah mitra dagang terbesar Taiwan, dengan perdagangan bilateral senilai $273 miliar tahun lalu, menyumbang 33% dari total perdagangan pulau itu dengan seluruh dunia, menurut pemerintah Taiwan.

Para ahli juga khawatir tentang dampak meningkatnya ketegangan antara Taipei dan Beijing yang mungkin terjadi pada industri semikonduktor Taiwan.

Pulau demokrasi berpenduduk 24 juta orang ini adalah pemimpin global dalam pasokan chip semikonduktor, yang merupakan komponen penting untuk hampir semua elektronik modern, mulai dari mobil, lemari es, hingga ponsel.

Kantor Urusan Taiwan China mengatakan pada Rabu (3/8/2022) bahwa mereka akan menangguhkan impor jeruk bali, lemon, jeruk dan buah jeruk lainnya, serta ekor rambut bergaris putih dingin dan makarel kuda beku dari Taiwan.

Dalam pernyataan terpisah, pejabat bea cukai China mengatakan penangguhan impor buah jeruk adalah hasil dari "pengendalian hama" dan "residu pestisida yang berlebihan," dan mengutip "pencegahan Covid-19" untuk penangguhan impor makanan laut.

Kementerian Perdagangan China, sementara itu, menangguhkan ekspor pasir alam ke Taiwan, komponen kunci untuk produksi chip semikonduktor.

"Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan telah memicu kemarahan pihak berwenang China," kata analis dari ING Group, Rabu (3/8/2022), dilansir CNN.

Sebagai tanggapan, pejabat Taiwan mengatakan penangguhan ekspor pasir China akan memiliki efek "terbatas" dan pasir China menyumbang "kurang dari satu persen" dari total permintaannya.

China sebelumnya telah melarang impor beberapa produk Taiwan di tengah meningkatnya ketegangan. Tahun lalu, China melarang impor nanas dari pulau itu diikuti oleh beberapa jenis apel di akhir tahun dengan alasan "pengendalian hama."

Awal tahun ini, mereka juga melarang ikan kerapu Taiwan, produk makanan laut bernilai tinggi dari Taiwan, dengan alasan terdeteksinya beberapa obat terlarang.

Baca Juga: Dialog Dengan Surya Paloh Membicarakan Reshuffle? Ini Respon Jokowi

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua