Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Klaim Laju Penyebaran Wabah PMK Terkendali, Pemerintah Tetap Minta Waspada

Klaim Laju Penyebaran Wabah PMK Terkendali, Pemerintah Tetap Minta Waspada Kredit Foto: Antara/Fauzan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan PMK Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa Indonesia behasil mengendalikan penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Berdasarkan perkembangan penanganan PMK di Indonesia per 1 Agustus 2022, kasus terkonfirmasi PMK teridentifikasi pada 22 dari 34 provinsi. Data itu sekaligus menunjukkan bahwa dalam tiga minggu terakhir penularan virus PMK relatif stabil, khususnya di area zona merah.

"Hal ini menyiratkan bahwa dalam 3 minggu terakhir Indonesia berhasil mengendalikan penularan virus PMK dengan mencegah penyebaran ke provinsi lain yang dibuktikan dengan pergerakan relatif stabil pada grafik area zona merah," Wiku dalam Internasional Media Briefing secara virtual,kemarin.

Meski demikian, Wiku meminta agar tetap mewaspadai adanya potensi lonjakan kasus. Sebab, saat ini ada penambahan kasus yang terjadi di 279 kabupaten/kecamatan.

Sehingga surveilans dan penerapan tindakan pengamanan biosekuriti secara berkelanjutan harus tetap dilakukan bersama-sama. Sementara itu provinsi Jawa Timur menjadiprovinsi dengan penyumbang kasus konfirmasi PMK terbesar.

Dengan jumlah sapi terkonfirmasi PMK mencapai 172.306 kasus. Provinsi berikutnya yakni Nusa Tenggara Barat 90.015 kasus, Jawa Barat 48.907 kasus, Aceh 42.584 kasus, dan Jawa Tengah 36.595 kasus.

Baca Juga: Hanya Penuhi Undangan, Kedatangan Komnas HAM Disambut Ratusan Warga di Depan Rumah Enembe: Mereka Meminta…

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: