Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gegara Anies Baswedan Elektabilitas Partai NasDem Jadi Bikin 'Ngelus Dada', Pengamat: Harus Hati-hati!

Gegara Anies Baswedan Elektabilitas Partai NasDem Jadi Bikin 'Ngelus Dada', Pengamat: Harus Hati-hati! Kredit Foto: Antara/Fauzi Lamboka
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menurut sejumlah lembaga Survei, NasDem elektabilitasnya “ambruk”, salah satu alasannya karena memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai salah satu kandidat capres yang akan mereka dukung.

Mengenai hal ini, Pengamat Politik Citra Institute, Efriza menilai hal itu perlu menjadi catatan bagi partai yang dikomandoi oleh Surya Paloh itu. 

"Ini perlu diseriusi menjadi bahan evaluasi bagi Nasdem. Sebab, Anies direpresentasikan sebagai hasil rekomendasi dari struktural Nasdem, hanya saja titik  evaluasinya adalah suara struktural apa juga menunjukkan suara konstituen keseluruhan dari Nasdem secara keseluruhan daerah-daerah," kata Efriza dilansir dari AKURAT.CO, pada Sabtu (6/8/2022). 

"Konstituen yang dilihat adalah maknanya diperluas adalah pemilih Nasdem, juga anggota Internal partai Nasdem," sambung dia. 

Baca Juga: Lagi! Kader PSI Nyatakan Dukung Anies Baswedan, Analisis Rocky Gerung Tajam: Di dalam Dia Mulai Gerah!

Efriza juga menyoroti perihal ideologi Nasdem yang dianggap partai nasionalis tetapi malah dianggap anomali, tak konsisten. Sebab mendukung figur calon presiden yang lebih senang mengidentitaskan dirinya sebagai figur dari kalangan identitas terbatas semata.

"Suka-tidak suka, harus serius dan hati-hati membaca penilaian keseluruhan masyarakat," ujar dia. 

Lebih lanjut, kata dia, Nasdem perlu mempelajari kembali, apakah jika Nasdem serius mengusung Anies akan benar-benar terjadinya lonjakan elektabilitas atau malah penurunan.

Baca Juga: Memiliki Potensi Besar, UUS Maybank Indonesia Dukung Pengembangan Industri Halal

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: