Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pejabat Senior Pakai Restoran China di Taiwan Klaim Historis, Meme-meme Bermunculan

Pejabat Senior Pakai Restoran China di Taiwan Klaim Historis, Meme-meme Bermunculan Kredit Foto: Reuters/Ann Wang
Warta Ekonomi, Beijing -

Juru bicara senior pemerintah China memicu banjir meme selama akhir pekan setelah dia mencoba menggunakan sejumlah restoran China di Taipei untuk membuktikan klaim historis Beijing atas Taiwan.

"Peta Baidu menunjukkan bahwa ada 38 restoran pangsit Shandong dan 67 restoran mie Shanxi di Taipei," kata juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying di Twitter pada Minggu (7/8/2022).

Baca Juga: Kunjungi Taiwan, Pelosi Buka-bukaan yang Dia Inginkan Hanyalah Menunjukkan...

"Palates tidak curang. #Taiwan selalu menjadi bagian dari China. Anak yang lama hilang pada akhirnya akan kembali ke rumah," kata Hua, yang memiliki akun @SpokespersonCHN di Twitter.

Postingan Hua, yang telah dikutip-tweet hampir 3.000 kali, mengakhiri ketegangan baru selama seminggu di Selat Taiwan ketika militer China meluncurkan latihan yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau itu sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi baru-baru ini. China mengklaim Taiwan sebagai miliknya.

Tetapi banyak orang di Twitter menemukan kekurangan dalam logika pejabat China, mengingat popularitas banyak masakan lain di ibu kota Taiwan dan prevalensi restoran cepat saji Barat di Beijing.

Salah satu tanggapan paling populer datang dari Morgan Ortagus, yang menjabat sebagai juru bicara Departemen Luar Negeri selama pemerintahan mantan Presiden Donald Trump.

"Ada lebih dari 8.500 restoran KFC di China. Selera jangan curang. #China selalu menjadi bagian dari Kentucky. Anak yang lama hilang akhirnya akan kembali ke rumah," kata Ortagus dalam tweetnya yang sekarang viral.

Di Baidu Maps, yang dioperasikan oleh perusahaan China yang setara dengan Google, pencarian untuk restoran KFC di Beijing menghasilkan beberapa lusin hasil.

Baca Juga: Ekonomi Terus Membaik, BCA Optimistis Kredit Konsumer Tumbuh Positif

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: