Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rusia: Yang Dilakukan Swiss ke Ukraina Tidak Mencerminkan Lagi Negara Netral

Rusia: Yang Dilakukan Swiss ke Ukraina Tidak Mencerminkan Lagi Negara Netral Kredit Foto: Reuters/Arnd Wiegmann
Warta Ekonomi, Moskow -

Rusia mengatakan bahwa pihaknya telah menolak tawaran Swiss untuk mewakili kepentingan Ukraina di Rusia dan kepentingan Moskow di Ukraina. Komentar yang dibuat pada Kamis (11/8/2022) bertujuan karena tidak lagi menganggap Swiss sebagai negara netral.

Swiss memiliki tradisi diplomatik yang panjang untuk bertindak sebagai perantara antara negara-negara yang hubungannya telah rusak, tetapi juru bicara Kementerian Luar Negeri Ivan Nechayev mengatakan ini tidak mungkin dalam situasi saat ini.

Baca Juga: Tertangkap Satelit! Jet-jet Tempur Rusia yang Terparkir di Pangkalan Udara Krimea Hancur

"Swiss memang tertarik dengan pendapat kami tentang kemungkinan representasi kepentingan Ukraina di Rusia dan Rusia di Ukraina," kata Nechayev kepada wartawan.

"Kami dengan sangat jelas menjawab bahwa Swiss sayangnya telah kehilangan statusnya sebagai negara netral dan tidak dapat bertindak sebagai perantara atau perwakilan. Bern telah bergabung dengan sanksi ilegal Barat terhadap Rusia," tambahnya.

Swiss yang netral telah mencerminkan hampir semua sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa kepada Rusia atas intervensi militernya di Ukraina.

Media Swiss sebelumnya melaporkan bahwa tujuan utama proposal Swiss adalah untuk memungkinkan warga Ukraina yang tinggal di Rusia menerima layanan konsuler dari kedutaan Swiss di Moskow.

Baca Juga: Nilai Setor Tunai Tanpa Kartu Blu by BCA Digital Tembus Rp 381 Miliar

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: