Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Pelayanan, Menkes Akan Revitalisasi Labkesmas

Tingkatkan Pelayanan, Menkes Akan Revitalisasi Labkesmas Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya akan merevitalisasi Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas). Hal ini merupakan bagian dari transformasi layanan kesehatan.

“Kita akan merevitalisasi laboratorium kesehatan masyarakat,” ujar Budi dalam acara Transformasi Kesehatan Pemerintah Daerah, di Jakarta, Rabu (10/8). Dia menerangkan, belajar dari Pandemi Covid-19 dibutuhkan laboratorium yang bersifat screening untuk mengecek status penyakit dalam tubuh seseorang. Revitalisasi tersebut akan dimulai dari tingkat Puskesmas.

“Kita butuh lab sifatnya screening, bukan klinis. Nanti kita akan rapikan mulai dari level Puskesmas alat-alat kita tambah,” jelasnya

Dia menyebut, untuk level kabupaten/kota dan provinsi dibutuhkan laboratorium biosafety level 2. Untuk level kabupaten/kota terdapat fasilitas PCR sedangkan untuk provinsi memiliki fasilitas Genom Sequencee.

“Itu dengan pengembangan teknologi makin banyak, genom sequence juga bisa dibawa dan bisa ditentengtenteng. Kalau sudah lebih stabil dan harga lebih murah bisa kita beli sehingga orang bisa melakukan genom sequencee di level posyandu,” katanya

Lebih lanjut, Budi mengingatkan, masyarakat jangan sampai merasa aman hanya karena sudah vaksinasi dosis 1 dan dosis 2. Efikasi vaksin akan turun setelah 6 bulan karena itu perlu dilakukan vaksinasi booster.

Dia menambahkan, vaksinasi dan booster bisa mengurangi risiko kematian dan masuk rumah sakit. Mayoritas penyebab pasien Covid-19 dengan kondisi berat di rumah sakit dan pasien yang meninggal karena tidak divaksin atau vaksinnya belum lengkap.

“Oleh karena itu masyarakat diimbau divaksinasi dosis lengkap dan booster karena itu mengulangi risiko masuk rumah sakit atau risiko kematian,” ucapnya.

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: