Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Marketplace Mobil Bekas Mobilman Raih The Big 10 Startup Alibaba Cloud

Marketplace Mobil Bekas Mobilman Raih The Big 10 Startup Alibaba Cloud Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Marketplace mobil bekas Mobilman.id berhasul masuk ke final Alibaba Cloud Go Startup Program, Indonesia 2022, yang digelar Alibaba Cloud anak perusahaan Alibaba Group.

“Mobilman sebagai perusahaan startup yang relatif baru berdiri setahun lalu, sudah bersyukur tampil di urutan ke empat di Indonesia Demo Day, Alibaba Cloud,” kata CEO PT Mobilman Digital Indonesia, Danang Wikanto, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (12/8/2022). 

Menurut Danang, Mobilman.id masuk pada bisnis dengan potensi pasar yang sangat besar. "Berdasarkan data Gaikindo, pada 2021 di Indonesia terjual 863.000 unit mobil baru. Itu pasar yang sangat besar," katanya.

Baca Juga: CARSOME Catat Penjualan Mobil Bekas Mencapai 18 Ribu Setiap Bulan

Lebih lanjut Ia menuturkan bila volume penjualan mobil bekas, tidak ada datanya. Belum ada peneliti yang melakukan riset penjualan mobil bekas. Yang tersebar di ratusan ribu dealer mobil bekas di Indonesia.

"Tapi, pembeli mobil baru, mayoritas menjual dulu mobil lama mereka. Baru-lah membeli mobil baru. Sangat sedikit orang punya mobil pertama, langsung mobil baru. Jadi, volume jual mobil bekas kira-kira sama dengan data Gaikindo untuk penjualan mobil baru,” terang Danang.

Mobilman.id kini menyediakan 13.000 mobil bekas yang teriklan. Itu terdiri dari mobil bekas yang teriklan sejak tiga bulan lalu, sampai iklan terbaru hari ini. Karena, setelah lewat dari tiga bulan, mobil teriklan di Mobilman.id dianggap laku. Dan otomatis terhapus oleh sistem IT.

Baca Juga: Tertarik Beli Mobil Listrik? Ini Dia Keuntungannya

Adapun, kontes itu diikuti 104 perusahaan startup kenamaan Indonesia. Diseleksi dalam kurun sebulan. Akhirnya, terpilih The Big 10. Para finalis ini bertarung dalam Indonesia Demo Day. Dari 10 finalis hanya dipilih satu juara. Pemenangnya Duckie Land, perusahaan startup game developer. Mendapatkan hadiah dari Alibaba Cloud USD 60.000 dalam bentuk voucher server Alibaba Cloud. Mobilman.id tampil di urutan ke-4, mendapat hadiah dari Alibaba Cloud, voucher server  Alibaba Cloud sebesar USD 3.000.

"Alibaba, perusahaan raksasa dunia. Alibaba Cloud di Indonesia, melakukan strategi marketing yang handal. Mereka mendekati para CEO perusahaan startup, dengan cara person to person. Pendekatan cara ini yang disukai perusahaan startup seperti Mobilman. Karena perusahaan-perusahaan Amerika, dengan sombongnya, tidak melakukan itu di sini,” tutup danang.

Baca Juga: KB Bukopin Gandeng PPA Untuk Kelola Aset Berkualitas Rendah Senilai Rp 1,3 Triliun

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: