Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Memulai Bisnis Bisa Tanpa Modal, Ini Kiatnya!

Memulai Bisnis Bisa Tanpa Modal, Ini Kiatnya! Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Masyarakat dituntut untuk cakap digital agar dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Merespons perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. 

Meski digitalisasi juga menemui tantangan karena konten negatif seperti hoaks, cyberbullying, maupun pornografi, berbagai nilai dari pemanfaatan internet juga harus disikapi sebagai peluang. 

Baca Juga: Kemajuan Digitalisasi Memudahkan Setiap Orang Jadi Content Creator

"Potensi ekonomi digital dengan keberadaan marketplace seharusnya bisa dimanfaatkan dengan maksimal," kata Dosen Bisnis & Marketing UIN SATU, Deny Yudiantoro saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Selasa (9/8/2022).

Lebih jauh dia mengatakan, bahkan UMKM harus melakukan berbagai inovasi, perubahan ke arah digital. UMKM harus beradaptasi menjadi go digital dan go online. Pemilik usaha harus belajar bagaimana transaksi online, selain jualan di marketplace juga bisa membangun kedekatan dengan calon pembeli lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram. 

Dia juga menganjurkan untuk memanfaatkan semua media, sebab ada kemungkinan bisa seluluh kali lipat peluangnya, daripada hanya menggunakan satu saluran saja. Bukan hanya itu, pemilik bisnis kini bisa belajar bagaimana memulai usaha, melalui banyak saluran komunikasi seperti Google dan YouTube. Kini ada berbagai platform yang dapat menjadi tempat berjualan, jika ingin memulai bisa dengan menjadi reseller maupun dropshipper

"Kini cara online juga terbilang lebih praktis dan menguntungkan daripada berjualan offline. Sistem online memiliki kemungkinan pasar yang lebih luas, toko bisa buka 24 jam, di mana pun dan kapan pun, bahkan bisa tanpa modal," ujar Deny.

Baca Juga: Bentuk Kejahatan Online yang Sering Terjadi pada Anak

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida dan Dekan Fikom Unitomo, Harliantara, serta Dosen Bisnis & Marketing UIN SATU, Deny Yudiantoro. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun instagram @Siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Ade Armando Sebut Aremania Bergaya Preman Hingga Jadi Penyebab Utama Tragedi, Warganet Geram: Gak Usah Dikasih Panggung!

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: