Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Menteri Basuki Berikan Pesan untuk Para Insan PUPR

Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Menteri Basuki Berikan Pesan untuk Para Insan PUPR Kredit Foto: PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Sapta Taruna, Kementerian PUPR, Rabu (17/8/2022). Sebagai wujud sikap persatuan dan kesatuan serta keragaman bangsa, para peserta upacara menggunakan pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan bahwa dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, insan PUPR harus bersyukur. "Kita harus meresapi dan memaknai peringatan ini sesuai dengan peran & profesionalisme masing-masing," ujar Menteri Basuki saat menjadi inspektur upacara di Lapangan Sapta Taruna, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Bantaran Sungai Martapura Kelayan Barat di Banjarmasin

Dalam sambutannya, Menteri Basuki juga menyampaikan 5 (lima) agenda besar pada tahun 2023 yang telah disampaikan Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia; akselerasi pembangunan infrastruktur; penerapan reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi; hilirisasi industri; serta pembangunan ekonomi hijau.

"Dalam menerapkan kelima agenda besar tersebut, pembangunan infrastruktur Indonesia tetap menjadi prioritas. Alokasi anggaran sebesar Rp125.2 triliun diamanahkan pada Kementerian PUPR. Tujuannya tidak hanya membangun infrastruktur fisik saja, tapi juga membuka lapangan kerja dan memberikan pendapatan sebesar-besarnya sehingga bisa mendukung daya beli masyarakat untuk meningkatkan kegiatan perekonomian Indonesia," tutur Menteri Basuki.

Pada kesempatan ini pula, Menteri Basuki juga mengevaluasi capaian kinerja Kementerian PUPR dalam menyelenggarakan amanah sebagai penanggung jawab infrastruktur di Indonesia.

"Sepanjang 2.500 km jalan tol sudah beroperasi, dan pada tahun 2022 ini tambahan 43 km juga akan dioperasikan. Jika mengacu pada Renstra kita di tahun 2022-2024, 1.545 km jalan tol harus sudah dioperasikan sehingga nanti pada 2024, minimal 4.000 km jalan tol sudah beroperasi," terang Menteri Basuki.

Adapun ruas jalan tol yang akan dioperasikan tahun ini meliputi jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi Cileunyi-Pamulihan, lalu Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat, kemudian Manado-Bitung seksi Danowudu-Bitung, serta Sigli-Banda Aceh seksi Seulimeum-Jantho.

Di samping itu, capaian kinerja lain yang menjadi tantangan Kementerian PUPR adalah pembangunan 61 bendungan. "Bendungan yang sudah selesai sebanyak 29 bendungan, tetapi tahun ini akan diresmikan lagi 9 bendungan, ditambah pada tahun 2023 nanti sebanyak 13 bendungan," jelasnya.

Bendungan yang akan diresmikan tahun ini meliputi Bendungan Ciawi, Sukamahi, dan Sadawarna di Jawa Barat; Margatiga di Lampung Lolak dan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara; Semantok di Jawa Timur' Tamblang di Bali; serta Beringinsila di NTB.

Baca Juga: LPS Kerek Bunga Penjaminan Simpanan Rupiah dan Dolar di Perbankan

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: