Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Netizen Wajib Ketahui Spesifikasi Perangkat hingga Aplikasi yang Dipakai

Netizen Wajib Ketahui Spesifikasi Perangkat hingga Aplikasi yang Dipakai Kredit Foto: Unsplash/ Jonas Leupe
Warta Ekonomi, Jakarta -

Literasi digital merupakan konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi. Literasi digital juga dimaksudkan agar individu bisa menghasilkan sesuatu yang produktif.

Dengan perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital: Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Baca Juga: Digitalisasi Bantu Tranformasi Demokrasi yang Partisipatif

Literasi digital sendiri meliputi digital skills; mampu meninjau lanskap digital, yakni bagaimana terhubung dengan dunia digital melalui perangkat keras dan lunak, mesin pencarian informasi, dompet digital, lokapasar, dan transaksi keuangan, serta aplikasi media sosial dan percakapan.

"Dalam menjelajahi mesin pencarian informasi, manfaatkan layanan mesin pencarian informasi untuk tujuan akademik, gunakan juga kata kunci efektif," kata Ketua Humas IGTIK PGRI dan Dosen STMIK MIC Cikarang, Youri Lylie, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok pendidikan di wilayah DKI/Jakarta Banten, Kamis (11/8/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Lebih jauh dia mengatakan, beberapa kecakapan digital tidak diajarkan di kelas, tetapi tergantung pada individu untuk mempelajarinya sendiri dari berbagai platform digital. Namun, pengetahuan terkait hardware dan software untuk keamanan perangkat juga penting.

Seperti saat akan menggunakan laptop atau komputer, seseorang harus tahu spesifikasi perangkat digitalnya. Begitu juga dengan software yang digunakan, operating system ponsel pribadi agar dapat terhubung dan platform digital tertentu yang sering dipakai, maupun tidak dipakai bisa di-uninstall.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok pendidikan di wilayah DKI/Jakarta Banten merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara lain yang juga ahli di bidangnya antara lain Ketua Humas IGTIK PGRI dan Dosen STMIK MIC Cikarang, Youri Lylie; Kepala Diklat Peningkatan Kompetensi Guru, Wiwin Sabayanti; dan Sekjen Ikatan Guru TIK PGRI, Wijaya Kusuma. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun instagram @Siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Viral! Raut Wajah Puan Maharani Tampak Marah Saat Bagi-bagi Kaos, Yan Harahap Nyindir: Mau Ngajak Berantem?

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: