Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fadel Muhammad Optimis, Pemerintah Bisa Capai Target Inflasi 3,3%

Fadel Muhammad Optimis, Pemerintah Bisa Capai Target Inflasi 3,3% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Fadel Muhammad, optimis bahwa Pemerintah akan dapat mencapai target inflasi 3,3% di tahun 2023 sesuai dengan kebijakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

“Saya optimis Pemerintah dapat mencapai target inflasi sebesar 3,3% sesuai dengan RAPBN 2023 yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bapak Presiden Jokowi juga telah sampaikan bahwa kebijakan APBN tahun depan akan tetap diarahkan untuk antisipasi tekanan inflasi dari eksternal, terutama inflasi energi dan pangan,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, (19/8/2022).

Baca Juga: Fadel Muhammad Ajak Masyarakat Indonesia Gaungkan Kembali Gotong Royong: Demi Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Fadel Muhammad mengatakan Pemerintah mengasumsikan nilai inflasi tersebut menggambarkan keberlanjutan pemulihan dari sisi permintaan akibat perbaikan daya beli masyarakat.

“Pemerintah mengasumsikan level inflasi tadi itu juga menggambarkan keberlanjutan pemulihan di demand side. Daya beli masyarakat kita membaik. Inflasi kita dan global kemarin tinggi gara-gara kenaikkan harga komoditas global akibat konflik geopolitik,” imbuhnya.

Walaupun demikian, Founder dan Komisaris Warta Ekonomi ini pun mengimbau kepada Pemerintah untuk tetap melakukan upaya kebijakan tepat sasaran di dalam menjaga nilai inflasi.

Baca Juga: "Berlebihan dan Lampaui Kewenangan", Mahfud MD Disemprot Lagi Soal Irjen Ferdy Sambo

“Saya imbau untuk Pemerintah berjaga-jaga dengan melakukan upaya kebijakan tepat sasaran di dalam menjaga level inflasi kita. Hal ini karena ada ancaman inflasi yang tinggi dalam beberapa bulan ke depan. Sinergi antara Bank Indonesia sebagai otoritas moneter dan Kementerian Keuangan dalam sisi fiskal harus semakin diperkuat untuk memitigasi ini,” tutupnya.

Baca Juga: Tokoh NU Bingung ke Presiden Jokowi: Untuk Apa Masih Ikutan Acara Relawan Begini...

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: