Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo: Indonesia dan Malaysia Saling Dukung di Forum ITU

Menkominfo: Indonesia dan Malaysia Saling Dukung di Forum ITU Kredit Foto: Kominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan Indonesia dan Malaysia akan saling memberikan dukungan untuk memperjuangkan kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal.

"Bersama-sama bergandengan tangan dengan seluruh negara di ASEAN terkait utusan masing-masing negara di International Telecommunication Union (ITU). Karena ini berkaitan juga dengan regulasi dan hak-hak ASEAN, hak-hak negara masing-masing kita yang berhubungan dengan kebijakan-kebijakan dan tata kelola telekomunikasi universal. Seperti misalnya yang berhubungan dengan slot-slot orbit yang kita butuhkan," jelasnya usai menerima kunjungan bilateral Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia YB Tan Sri Datuk Seri Panglima TPr Annuar Haji Musa di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga: Respons Menkominfo Johnny Terkait Dugaan Pusaran Judi Online Dilakukan Pejabat Polri

Menurut Menkominfo, baik Indonesia, Malaysia, dan ASEAN juga saling mendukung terkait kebijakan yang berhubungan dengan perkembangan dan transformasi digital.

"Indonesia dan Malaysia dari waktu ke waktu terus membangun hubungan dan menjalin hubungan yang semakin erat, agar kerjasama itu bermanfaat di telekomunikasi dan di broadcasting," tandasnya.

Menteri Annuar Haji Musa menegaskan Pemerintah Republik Indonesia dan Malaysia memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan dan mengadopsi bidang telekomunikasi. Hal tersebut diakuinya dari tindak lanjut yang dilakukan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.

"Saya juga melihat setiap pertemuan saya dengan Bapak Johnny Plate, kami dapat bersama-sama berfungsi, menjalin kerja sama yang sangat berguna, dan banyak kebijakan-kebijakan yang memang bukan saja ada kebersamaan, tetapi juga mempunyai hal dan tujuan yang sama. Karena justru pertemuan yang seperti ini, bahkan ditindaklanjuti oleh pegawai-pegawai tertinggi daripada kedua negara," jelasnya.

Baca Juga: Tak Semua Warga Dapatkan Bantuan STB TV Digital, Menkominfo Minta Distribusi Tepat Sasaran

Berkaitan dengan dukungan di tingkat global, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia pun menegaskan komitmen yang sama seperti dalam forum ITU, di mana kedua negara terus membahas peluang kerja sama tersebut.

"Agenda lain dalam pertemuan yang seperti ini sangat besar maknanya, saya melihat ruang itu terus bekerja sama. Bukan saja dalam soal pengalaman bagaimana masing-masing negara menangani masalah penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan penggunaan teknologi yang terkini, tetapi juga pengurusan cyber space secara keseluruhannya," tandasnya.

Baca Juga: Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai di Jaringan ATM BCA

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: