Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Orang Tua Perlu Edukasi Anak Kecakapan Digital Sesuai Usia

Orang Tua Perlu Edukasi Anak Kecakapan Digital Sesuai Usia Kredit Foto: Unsplash/zhenzhong liu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kemajuan teknologi informasi semakin masif. Sekarang ini bahkan anak-anak sudah piawai menggunakan gadget. Orang tua dihadapkan tantangan tersediri dalam mendampingi anak berinternet. 

“Tantangan sebagai ibu yang punya anak masih kecil atau mulai dewasa, remaja, apa yang ditanamkan pasti akan berbeda lagi,” kata Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (25/8/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Baca Juga: Kolaborasi Kadin DKI Jakarta dengan Netzme Dorong Digitalisasi UMKM

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Fanny membagikan pengalamannya dalam mengedukasi anak terkait kecakapan digital. Saat ini anak-anaknya belum tahu, kepikiran, atau ingin punya akun pribadi di media sosial. Meski demikian, dia tetap menanamkan ke anak-anak, kalau ingin menggunakan perangkat yang ada, untuk belajar dan cari informasi. 

Kemudian, aplikasi dan konten yang dikonsumsi anak-anak harus sesuai dengan usianya. “Sekarang mau mereka mengerti atau tidak, kita punya aturan bersama. Anak saya mengerti kenapa kita harus punya peraturan bersama, kenapa harus tahu screen time, kenapa anak harus tahu konten ada banyak,” Fanny.

Baca Juga: Gandeng Pemkab Bogor, Bank Bjb Perluas Layanan Perbankan Bagi Pemerintah Daerah

Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: