Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Thomas Frist Jr, Seorang Dokter yang Jadi Miliarder Pemilik Harta Rp257 Triliun

Kisah Orang Terkaya: Thomas Frist Jr, Seorang Dokter yang Jadi Miliarder Pemilik Harta Rp257 Triliun Kredit Foto: Twitter/NashvillePost
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dunia kesehatan kehadiran dokter miliarder dan orang terkaya di dunia, Thomas Frist Jr. Frist lahir pada 12 Agustus 1938 di Amerika yang kini menjadi pengusaha. Frist adalah salah satu pendiri HCA Healthcare, dan orang terkaya di Tennessee.

Ayahnya adalah Thomas F. Frist Sr., seorang spesialis penyakit dalam terkemuka di Nashville. Ibunya adalah Dorothy Cate. Frist memiliki empat saudara kandung, yaitu dokter dan mantan Pemimpin Mayoritas Senat AS, Bill Frist, Dr Robert A. Frist, Dorothy F. Boensch dan Mary F. Barfield.

Frist lulus dari Vanderbilt University dan menerima gelar MD dari Washington University di St. Louis. Dia adalah anggota bab Vanderbilt dari Phi Delta Theta dan menjabat sebagai ahli bedah penerbangan di Angkatan Udara Amerika Serikat.

Baca Juga: Anak Perusahaan Milik Orang Terkaya RI Pinjam Uang Triliunan Rupiah ke Bank, Ternyata untuk Tujuan Ini

Pada tahun 1968, Frist memulai karirnya sebagai pengusaha dengan mendirikan Hospital Corporation of America (HCA) bersama ayahnya, Thomas F. Frist Sr., dan Jack C. Massey.

Pada tahun 1977, Frist menjadi presiden HCA dan sepuluh tahun kemudian pada tahun 1987, ia menjadi ketua, presiden dan chief executive officer (CEO) HCA. Pada tahun 1994, Frist menjabat sebagai ketua setelah merger dengan Columbia, dan setelah merger dengan HealthTrust Inc. pada April 1995, Frist harus menyerahkan jabatannya dan menjabat sebagai wakil ketua.

Namun, ia kembali sebagai ketua dan CEO perusahaan pada tahun 1997 setelah pengunduran diri Rick Scott, yang maju sebagai Gubernur Florida. Posisi ini diembannya hingga Januari 2001.

Baca Juga: KPK Tak Takut Dinilai Politis Bila Tersangkakan Anies Baswedan, Kalau Bersih Tak Perlu Risih: Berdasarkan Alat Bukti...

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: