Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Ekonomi Digital, Kominfo Dorong Startup Lakukan Inovasi Baru

Tingkatkan Ekonomi Digital, Kominfo Dorong Startup Lakukan Inovasi Baru Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Digital Innovation Network (DIN). Forum tersebut ditujukan untuk memfasilitasi kolaborasi antara pelaku inovasi dari lembaga pemerintah, swasta, startup digital, dan korporasi.

Direkur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan menyatakan DIN merupakan side event dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia dalam Sherpa Track untuk Sektor Ekonomi Digital. 

"Ini adalah side event yang diusulkan di bawah naungan Presidensi Indonesia G20, untuk kepentingan Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group," ujarnya dalam Welcoming Reception DIN, di The Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (2/9/2022) malam.

Baca Juga: G20 DIN Hari Pertama, Menkominfo Harap Startup Indonesia Bisa Naik Kelas!

Kementerian Kominfo memfasilitasi business matchmaking bagi startup-startup digital melalui DIN dan berbagi ide serta unjuk inovasi digital.

"Program ini merupakan kelanjutan dari G20 Innovation League yang diinisiasi Presidensi G20 Italia di tahun 2021 lalu,"  jelas Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

Kementerian Kominfo mengharapkan Forum DIN G20 akan dapat menjadi semua pihak berkumpul untuk membangun dunia yang lebih baik dengan solusi digital. 

"Jadi, dengan adanya forum ini kami mengajukan tawaran untuk kebangkitan ekonomi digital sebagai salah satu langkah pemulihan pascacovid-19 dan seterusnya," tandas Dirjen Semuel.

Secara khusus, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menekankan arti penting mengambil langkah kolaborasi selanjutnya setelah pandemi Covid-19. Menurutnya, Forum DIN akan menjadi wahana untuk mengingatkan dan mencerahkan mengenai tantangan yang akan dihadapi pascapandemi.

Baca Juga: Lewat G20 DIN, Kominfo Berikan Wadah Startup Jalin Kemitraan dengan Para Pemain Global

"Berbagai pemangku kepentingan di industri digital akan berbicara tentang berbagai topik. Tidak hanya untuk berbagi pelajaran/pengalaman, tetapi juga untuk mencerahkan kita tentang hal-hal berikutnya yang harus kita persiapkan setelah pandemi," jelasnya.

Dalam DIN G20 yang pertama kali digelar, Kementerian Kominfo  menghadirkan lima startup dari negara anggota G20 dan  tamu undangan untuk menampilkan inovasi yang telah diterapkan di pasar mereka. 

"Saya yakin, hadirnya berbagai pemain kunci inovasi dalam forum ini akan memberikan kita ide dan inovasi baru yang akan mendorong terobosan-terobosan di masa depan," ungkapnya.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: