Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Luo Liguo, Pembuat Topi Jerami yang Jadi Miliarder

Kisah Orang Terkaya: Luo Liguo, Pembuat Topi Jerami yang Jadi Miliarder Kredit Foto: Unsplash/Jeremy
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seorang pengusaha China, Luo Liguo ternyata masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia. Luo merupakan ketua Hoshine Silicon Industry yang berspesialisasi dalam produk elektronik, fotovoltaik, dan kimia.

Tak ada yang menyangka pria yang waktu kecilnya belajar cara membuat topi jerami ini akhirnya bisa membuat pabrik sendiri hingga menjadi miliarder. Kisahnya dimulai setelah Luo lulus kuliah dari universitas. Ia kemudian meminjam 20.000 yuan dan mendirikan Pabrik Cixi Shenyi Handicraft Factory yang mengkhususkan diri dalam bisnis topi jerami. 

Baca Juga: Jeff Bezos Terancam Kehilangan Posisi Orang Terkaya Dunia, Miliarder India Ini Muncul Jadi Saingannya!

Pada tahun 1990-an, Luo melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan Cixi Tianyi Investment, Hangzhou Jimei Real Estate, Xinxin Real Estate, dan perusahaan lainnya. Pada akhir tahun 1990-an, ia mulai berinvestasi dalam produksi bahan silikon di Xinjiang, Shihezi, Heihe dan tempat-tempat lain.

Tak aneh ketika Luo Liguo masuk dalam Daftar Miliarder Forbes dan tahun 2022 ini memiliki perkiraan kekayaan bersih USD15,6 miliar (Rp232 triliun).

Perusahaannya, Hoshine go public di Shanghai Stock Exchange pada 30 Oktober 2017. Istrinya, Wang Baodi turut serta dalam menyukseskan perusahaan dengan menjadi direktur Hoshine, sementara putrinya Luo Yi adalah wakil ketua, dan putranya Luo Yedong, memegang jabatan asisten ketua Hoshine.

Sayangnya, kehidupan keluarga miliarder ini sangat tertutup. Hampir tak ada foto-foto yang menggambarkan wajah mereka.

Baca Juga: Ekonomi Terus Membaik, BCA Optimistis Kredit Konsumer Tumbuh Positif

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: