Setiap produk atau jasa yang sudah memiliki brand sendiri pastinya ingin lebih dikenal banyak orang. Terlebih melalui jagat maya yang bisa menjangkau hingga ke pelosok dunia. Oleh karena itu, diperlukan untuk membuat brand strategy yang diaplikasikan secara teratur ke sosial media. Harapannya, brand kita bisa lebih dikenal, dan lebih eye catching di mata customer.
Bersama ahlinya, Laurensia Octavia, Founder at Go Digital Consultant yang sudah berkecimpung sebagai social media specialist selama 7 tahun, berikut ulasannya yang WE kutip dari RevoU!
Brand Strategy
Sebuah brand yang sudah memiliki nama, logo, slogan ataupun design, bukan berarti brand tersebut sudah menciptakan branding. Hal-hal itu dinamakan Brand Application, bukan branding suatu produk atau jasa.
Baca Juga: Cara Membuat Customer Persona untuk Digital Marketing, Biar Bisnis Makin Moncer!
Ini karena digital branding adalah sebuah proses untuk memberikan arti yang spesifik tentang brand/produk/jasa untuk membuat suatu pesan ke dalam kepala konsumen untuk menjadi top of mind melalui digital marketing platform.
Produk atau jasa yang kita miliki harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan demikian, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa masalah yang dihadapi pelanggan untuk ditawarkan solusi dari produk atau jasa yang kita miliki. Sudut pandang branding, bisa fungsional atau emosional.
Sebagai contoh, sebuah brand A menawarkan jika membeli produknya maka customer akan terlihat lebih gagah, ini namanya sudut pandang emosional. Sementara sudut pandang fungsional, misalnya ponsel B menawarkan fitur yang lebih canggih.
Fase Branding
- Brand Rejection - ketika brand yang kita miliki ditolak oleh customer karena satu dan lain hal.
- Brand Non-Recognition - brand yang kita miliki belum dikenal.
- Brand Recognition - brand yang kita miliki mulai dikenal.
- Brand preference - dari beragam produk yang serupa dan beredar di pasaran, customer lebih memilih produk kita.
- Brand loyalty - pelanggan yang setia dengan sebuah brand karena keunggulan dan lain sebagainya.
Keuntungan Digital Branding
- Meningkatkan pengakuan dan visibilitas
- Membangun kepercayaan pelanggan
- Menghasilkan potensial atau pelanggan baru
- Mendukung iklan atau promo yang dibuat
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: