Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Heboh Bjorka dan Kebocoran Data, Fadli Zon Apresiasi Langkah Jokowi Bentuk Tim Khusus: Satu Keseriusan

Heboh Bjorka dan Kebocoran Data, Fadli Zon Apresiasi Langkah Jokowi Bentuk Tim Khusus: Satu Keseriusan Kredit Foto: DPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Publik digegerkan dengan aksi hacker yang menyebut dirinya dengan nama Bjorka. Sejumlah aksinya meretas data sejumlah tokoh penting di Indonesia menjadi pembahasan publik.

Mengenai hal ini, Fadli Zon menilai Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) harus menjadi garda terdepan untuk mengamankan data siber dalam negeri. 

“Harus ada auto kritik juga ya, beberapa institusi seperti Kominfo dan BSSN kan harusnya ikut menjadi Garda terdepan untuk mengamankan siber kita. Apalagi siber dari institusi negara atau pejabat negara masa dijebol oleh orang perorangan atau suatu kelompok,” kata anggota Komisi I DPR RI tersenut dalam keterangannya yang dikutip Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Fadli Zon Soal Kabar Sandiaga Mau Nyapres: Kalau Soal Capres Gerindra Kompak Dorong Prabowo

Menurutnya, setiap lembaga negara sangat penting untuk dapat berlindung dari tindakan peretasan data. Apalagi peretasan yang sifatnya rahasia atau konfidensial. Dia merasa hal itu dapat mengganggu keamanan negara.

“Bisa mengganti ganggu keamanan negara, dijual di darkweb dan sebagainya. Harus ada warning, apa yang dilakukan presiden (membentuk tim khusus atasi Bjorka) adalah salah satu keseriusan menanggapi ini tetapi seharusnya kementerian dan lembaga terkait harus intropeksi, jangan hanya melaporkan hal-hal yang baik tetapi sebenarnya tidak,” terangnya.

“Saya kira intervensi ini sangat penting, untuk meningkatakan kewasapadaan lebih serius untuk mengingatkan secara keamanan, ini juga menunjukan siber kita masih di bawah standar,” sambungnya.

Baca Juga: Pendapatan Asuransi Jiwa Capai Rp 164,55 Triliun, Turun 4% di Kuartal III 2022

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: