Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wamenparekraf Diskusi Bersama ICCN Bahas Ekonomi Kreatif sebagai Penggerak Pariwisata

Wamenparekraf Diskusi Bersama ICCN Bahas Ekonomi Kreatif sebagai Penggerak Pariwisata Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menekankan pentingnya ekonomi kreatif yang terbukti efektif sebagai penggerak sektor pariwisata.

Wamenparekraf dalam diskusi bersama Indonesia Creative Cities Network (ICCN) atau Jejaring Kota dan Kabupaten Kreatif Indonesia yang diselenggarakan di MBloc Space, Jakarta, Kamis (15/9/2022), menyampaikan bahwa ekonomi kreatif dan pariwisata memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Baca Juga: Menparekraf Dorong Kopi Robusta Jadi Produk Unggulan Kota Pagar Alam Sumsel

"Ekonomi kreatif ini menjadi bagian atraksi dari pariwisata. Ini harus dikembangkan dengan berkolaborasi. Ekonomi kreatif harus jadi unique selling point dari pariwisata Indonesia karena Indonesia luar biasa sekali potensi ekonomi kreatifnya," kata Wamenparekraf Angela dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/9/2022).

Wamenparekraf menyampaikan, ekonomi kreatif perlu dikemas dengan baik, misalnya melalui story telling latar budaya Indonesia yang luar biasa.

"Indonesia kalau kita lihat handmade-nya tidak kalah, bahkan punya culture luar bisa. Seperti kemarin saya mengunjungi museum wastra di Palembang, itu ada kain dari tahun 1700-an dan itu betul-betul terbuat dari benang emas 24 karat. Kalau zaman dulu bisa dikerjakan bertahun-tahun, kalau zaman sekarang kita bisa kerjakan berbulan-bulan," katanya.

Dia melanjutkan, "Nah, ini kita punya cerita yang luar biasa, story telling yang kuat. Bagaimana kita bisa mengemas ini bersama yang akhirnya bisa menjadi branding-nya Indonesia. Sebetulnya ini bisa jadi value added bagi pariwisata Indonesia dari ekonomi krearif."

Oleh karena itu, dalam mendukung ekonomi kreatif Indonesia, pemerintah pun menggagas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai upaya mendorong peningkatan transaksi dan penjualan produk kreatif dari para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor fesyen, kriya, dan kuliner terutama di platform digital.

"Kemenparekraf akan terus mendukung dan meningkatkan kualitas ekonomi kreatif lokal di Indonesia dengan salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," kata Wamenparekraf Angela.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: