Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajarkan Anak untuk Gunakan Bahasa Baik di Internet

Ajarkan Anak untuk Gunakan Bahasa Baik di Internet Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perilaku di dunia nyata dan dunia digital tidaklah berbeda. Karena itu, orangtua perlu menanamkan etika dan etiket (tata krama berinternet) sedini mungkin. Anak-anak akan bijak bermedia sosial dengan memahami kedua hal tersebut.

“Ajarkan etika atau netiket dengan bahasa baik kepada anak,” kata Humas Parfi '56 dan Praktisi Literasi Digital, Ari B. Wibowo saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (14/9/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Baca Juga: Riset Kata Kunci Memudahkan dalam Membuat Konten untuk Bisnis

Dengan memahami etika di dunia digital dan dunia nyata sama, anak-anak akan sadar bahwa yang dihadapi di media sosial juga manusia. Sehingga, harus bersikap sopan dan saling menghargai.

“Karena kita melihat di sekeliling kita manusia juga, dari Sabang sampai Marauke, berbeda kultur. Kita akhirnya menghargai,” kata Ari.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Pandu Digital Indonesia; Business Coach, Ismita Putri. Kemudian VP-Head of Marketing East Java Bali Nusra , PT Indosat Tbk, Heny Tri P, serta mengundang Humas Parfi '56 dan Praktisi Literasi Digital, Ari B. Wibowo.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Tepok Jidat! Jokowi Kaget Soal Investor IKN Membludak, Yan Harahap Ungkit: Sama Kagetnya Ketika Peminat Esemka...

Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: