Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PKS Soal Kemungkinan Duet AHY dan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024: Ini Karakter Nasionalis Religius!

PKS Soal Kemungkinan Duet AHY dan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024: Ini Karakter Nasionalis Religius! Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai mempertimbangkan pasangan Capres dan Cawapres yang akan mereka dukung di Pilpres 2024. Dan nama Anies Baswedan serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) nampaknya masuk dalam radar. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Departemen Politik DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Nabil Ahmad Fauzi menyatakan, partainya sedang mengkalkulasi soal kandidat capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

Termasuk soal peluang, jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diduetkan dengan Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: Bahas Pilpres? Anies Baswedan Soal Foto Bareng Jusuf Kalla (JK), AHY, Surya Paloh, dan Syaikhu: Semua Dibahas

Awalnya, Nabil menyampaikan, figur Anies memang disuarakan oleh sebagian besar kader PKS. Menurutnya, baik Anies maupun AHY masuk kriteria hasil Musyawarah Majelis Syura (MMS) VII PKS.

"Baik Anies maupun AHY, itu masuk dalam kriteria figur yang sesuai dengan amanat Musyawarah Majelis Syuro PKS yakni berkarakter nasionalis-religius, berpeluang besar untuk menang, dan menjadi simbol perubahan untuk Indonesia yang lebih baik," kata Nabil saat dihubungi, Senin (19/9/2022).

Nabil menyebut, wacana duet Anies-AHY wajar muncul dalam Rapimnas Demokrat 2022. Pasalnya, kata dia, saat ini setiap partai sedang proses penjajakan figur-figur potensial yang berpeluang besar menang untuk diusung di 2024.

Baca Juga: Gegara Omongan SBY, Demokrat dan PDIP 'Ngeributin' Soal Pilpres 2009

"Tentu saja figur tersebut tidak hanya dari eksternal partai, tetapi pasti tiap partai menginginkan tokoh internalnya untuk bisa maju juga," tuturnya.

"Persoalannya kan tinggal apakah salah satunya atau keduanya di pasang kan. Nah ini yang masuk dalam proses kalkulasi politik kami," katanya.

Sebelumnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut juga sudah masuk radar pertimbangan Majelis Tinggi Partai (MTP) DPP Demokrat untuk diusung dan didukung maju di Pilpres 2024.

Baca Juga: Kasak-kusuk Isu Penjegalan Anies Baswedan di Pilpres 2024, PKS Pasang Badan: Kami akan Berjuang!

Anies disebut punya kemistri dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Memang sudah sebagian beredar (nama Anies di MTP). Beliau punya wawasan bagus dan punya chemistry dengan AHY," kata Anggota Majelis Tinggi Partai DPP Demokrat Syarief Hasan ditemui di JCC Jakarta, Jumat (16/9/2022) kemarin sore.

Lebih lanjut, soal kapan MTP Demokrat akan memutuskan soal siapa capres-cawapres yang akan diusung dan dengan siapa Demokrat berkoalisi, Syarief mengatakan hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Anies Punya Potensi Kemenangan Tinggi di Pilpres 2024, 3 Parpol Ini Cari Pasangannya, AHY Disebut Paling Cocok?

"Doakan saja tidak lama lagi. Kan kita kan kita masih punya waktu banyak. Tidak usah buru-buru. Insyaallah tidak lama lagi," katanya.

Baca Juga: Panja Kebocoran Data Komisi I DPR RI Kunjungi Bali, Bawa Agenda Apa?

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: