Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bill Gates Ungkap Hal yang Paling Menakutkan Akibat dari Perang Ukraina

Bill Gates Ungkap Hal yang Paling Menakutkan Akibat dari Perang Ukraina Kredit Foto: Instagram/Bill Gates
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perang besar antara Rusia dan Ukraina membuat pendiri Microsoft Bill Gates mengungkap hal yang paling menakutkan akibat dari perang tersebut. Miliarder filantropi ini rupanya khawatir terjadi gangguan dari perubahan iklim.

Melansir Fox News di Jakarta, Selasa (20/9/22) Gates mengatakan dia khawatir perang di Ukraina dan masalah ekonomi mengalihkan perhatian dunia dari menghadapi ancaman perubahan iklim.

"Kami berada di tempat yang lebih buruk dari yang saya harapkan," kata Gates.

Meski komentator lain menyatakan keprihatinan bahwa perang di Ukraina secara tidak sengaja dapat menyebabkan konflik senjata nuklir, Gates khawatir itu akan mengalihkan dunia dari kepedulian terhadap perubahan iklim.

Baca Juga: Bill Gates Curhat Gak Mau Lagi Jadi Orang Kaya

“Tetapi hal yang paling menakutkan dari semuanya bukanlah bahwa kita tertinggal. Kita hanya harus menerimanya. Ini adalah gangguan perang yang sedang berlangsung di Ukraina dari membantu negara-negara miskin dan membuat kemajuan dalam adaptasi dan mitigasi iklim,” lanjutnya.

Gates juga menunjuk masalah ekonomi dan kemungkinan resesi global, kenaikan suku bunga yang dipicu oleh kenaikan inflasi, serta tingkat utang yang tinggi sebagai hal yang akan mengurangi pentingnya perubahan iklim di mata publik.

"Itu hal yang sangat besar - apakah itu biaya pertahanan, biaya listrik, biaya pengungsi, biaya pupuk. Dengan perang di atas pandemi, dan sekarang dengan suku bunga naik, dengan tingkat utang yang tinggi di mana-mana, tetapi termasuk di Afrika, lima tahun ke depan akan menjadi tantangan hanya untuk mempertahankan perhatian dunia," kata Gates.

Tak hanya itu, Gates memperkirakan karena kenaikan biaya pupuk, Afrika dapat mengalami produktivitas yang lebih rendah dalam hal pertanian karena harga di luar pasar.

"Biaya pupuk, bagaimanapun, adalah kemunduran besar, karena ketika dunia membuat lebih sedikit pupuk, siapa yang menggunakan lebih sedikit pupuk? Afrika tidak membeli pupuk sebanyak yang mereka lakukan beberapa tahun lalu," ujar Bill Gates. “Dalam waktu dekat, ini adalah gambaran yang cukup suram untuk pertanian Afrika."

Baca Juga: Nicho Silalahi Sindir Muka Puan yang Cemberut saat Bagikan Kaos, Eh Dibandingkan dengan Presiden Jokowi, Ternyata...

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: