Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

MenKopUKM: Kemitraan Rantai Pasok Berbasis Koperasi Kunci Sukses Hilirisasi Industri Rumput Laut

MenKopUKM: Kemitraan Rantai Pasok Berbasis Koperasi Kunci Sukses Hilirisasi Industri Rumput Laut Kredit Foto: KemenKopUKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki, menekankan pentingnya penguatan kemitraan rantai pasok berbasis pada koperasi sebagai kunci sukses hilirisasi industri rumput laut di Indonesia.

"Di sektor hulu, biarlah pembudidaya fokus meningkatkan produksi. Namun, jangan lupa berkoperasi," kata Teten Masduki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Indonesia Ekspor 52,4 Ton Rumput Laut ke Vietnam Senilai Rp2,3 Miliar

Dalam model bisnis ini, lanjutnya, koperasi bisa menjadi offtaker pertama dari seluruh hasil panen budidaya rumput laut yang dihasilkan para petani.

"Koperasi juga bisa mengolah setengah jadi, mulai dari sortir, pengeringan, atau pengolahan tepung dan sejenisnya," tegas Teten.

Baca Juga: Walaupun DED Terlambat, Teten Masduki Yakin Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah Akan Sesuai Target

Selanjutnya, mitra swasta atau BUMN dapat menyerap produk rumput laut dari koperasi sehingga kemitraan usaha ini akan kokoh dan saling menguatkan.

"Kemitraan rantai pasok seperti ini, baik nasional maupun global, akan mempercepat hilirisasi produk rumput laut Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga: Duh.. Demi Pencitraan? Anies Baswedan Jajal Jadi Sopir Angkot JakLingko: Selama Lima Tahun Ini Kemana Aja...

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: